Wabup PYR Hadiri Penandatanganan Kerjasama Pemanfaatan Fly Ash PLTU 2 Amurang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Wabup PYR Hadiri Penandatanganan Kerjasama Pemanfaatan Fly Ash PLTU 2 Amurang

Kerja sama ditandai pula dengan penekanan tombol sirene oleh Wabup PYR bersama pihak PT. PLN (Persero) UIKL Sulawesi dan petinggi TNI. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th menghadiri acara Penandatanganan Kerjasama Pemanfaatan Fly Ash antara PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran (UIKL) Sulawesi dengan PT. Semarak Adhi Karya dan PT. Conch North Sulawesi Cement.

Kegiatan tersebut dirangkaikan pula dengan penyerahan Fly Ash kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah ini.

Hajatan berlangsung di lokasi PLTU 2 Amurang, di Desa Tawaang, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minsel, Jumat (18/03/2022).

Kehadiran Wabup Petra Rembang dalam kegiatan ini, mewakili Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH.

Penandatanganan kerjasama dilakukan di ruang terbuka, yakni di halaman Kantor PLTU 2 Amurang, serta berlangsung aman dan sukses dengan menerapkan standar protokol Kesehatan (ProKes).

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Petra Rembang menyampaikan selamat dan sukses atas kerjasama yang telah terjalin antara PT. PLN (Persero) UIKL Sulawesi dengan PT. Semarak Adhi Karya dan PT. Conch North Sulawesi Cement. 

Ia berharap, dengan adanya kerjasama ini, boleh terjalin kemitraan dan dapat terus dikembangkan secara konstruktif sesuai ketentuan.

"Agar dapat memberikan sumbangsih positif untuk mendorong pembangunan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat," ujar Bupati Minsel sebagaimana dikutip Wabup Petra Rembang.

Ditegaskannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel memberikan apresiasi kepada PT. PLN (Persero) yang selama ini telah berkontribusi dalam menyediakan energi listrik bagi masyarakat Kabupaten Minsel pada khususnya, dan masyarakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada umumnya.

Wabup PYR sedang membawakan sambutan. (foto: Ist)

"Terima kasih juga kepada PT. Conch North Sulawesi Cement atas bantuan, dukungan dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini," kata Bupati Minsel.

Ditambahkannya, dengan adanya kolaborasi ini Pemkab Minsel memohon dukungan dari seluruh elemen masyarakat, pihak swasta maupun BUMN, termasuk PT. PLN UIKL Sulawesi.

Bupati Minsel juga tidak lupa mengimbau seluruh elemen yang ada agar tetap bersinergi dan berkolaborasi dalam melaksanakan berbagai program. 

"Hal ini dibutuhkan demi kelangsungan roda pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat demi terciptanya Minsel yang Maju, Berkepribadian dan Sejahtera," pungkasnya. 

Sementara itu, Manager PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Minahasa Andreas Arthur Napitupulu menjelaskan, FABA (Fly Ash dan Bottom Ash) adalah limbah padat sisa pembakaran batu bara, dimana batu bara menjadi sumber energi primer PLTU 2 Amurang.

FABA bisa dimanfaatkan untuk sejumlah keperluan di sektor konstruksi, salah satunya sebagai bahan baku alternatif untuk pembuatan semen. 

"FABA bisa juga digunakan sebagai bahan campuran untuk pembuatan batako, hollow brick, paving blok dan lainnya," terang Napitupulu.

Dalam kerja sama tersebut, PLTU 2 Amurang menyediakan sekitar 50 ton FABA setiap hari yang diangkut oleh PT Conch North Sulawesi Cement, dan itu adalah 50 ton Fly Ash fresh.

Bahkan, PLTU 2 Amurang juga masih menyediakan sekitar 80 ton FABA yang ditampung buat kebutuhan di daerah ini, khususnya bagi pelaku UMKM.

Pada kesempatan itu, Wabup Petra Rembang yang juga akrab disapa PYR, meninjau areal PLTU 2 Amurang. 

Mantan Wakil Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Bidang Pengembangan Sumber Daya (PSD) ini juga melihat langsung pemanfaatan FABA yang diolah menjadi bahan bangunan batako dan bahan baku alternatif pembuatan semen.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah petinggi TNI. Diantaranya, Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 131/ Santiago Manado Brigadir Jenderal TNI Mukhlis, SAP, MM beserta jajaran, dan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, SE, CFrA yang diwakili oleh Komandan D.V. Kolonel Jakobus.

Wabup PYR melihat langsung limbah FABA yang dijadikan sebagai bahan baku utama pembuatan semen. (foto: Ist)

Hadir juga Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH yang diwakili Kepala Bidang Konservasi Magda. F Kalalo, S.Pt, M.M beserta jajaran, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Minsel Franky T. Tangkere, SP, M.Si.

Tampak pula General Manager (GM) UIKL Sulawesi Munarwar Furqon, Senior Manager Pembangkitan UIKL Sulawesi I Putu Sudarsa, Pejabat Pelaksana Pengendali Lingkungan dan K3 Keamanan UIKL Sulawesi Edal Ilham, Direktur Semen Conch North Sulawesi Mr. Xing Ju Wen, dan Direktur PT. Semarak Adhi Karya Victor Tamsil. (Simon)