Dipimpin Bupati FDW, Polres Minsel Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Samrat 2022 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Dipimpin Bupati FDW, Polres Minsel Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Samrat 2022

Bupati FDW sedang menyematkan pita Ops Ketupat Samrat 2022 kepada perwakilan Polri. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Ketupat Samrat 2022 dilaksanakan di halaman utama Markas Komando (Mako) Polres Minsel, Jumat (22/04/2022).

Ops Ketupat Samrat 2022 akan dilaksanakan selama 12 hari, terhitung mulai 28 April hingga 9 Mei 2022.

Pada apel gelar pasukan itu, Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH bertindak selaku pimpinan apel.

Sementara bertindak selaku perwira apel, Kasat Lantas Polres Minsel AKP Hadi Siswanto, SIK, MH, dan komandan apel Ipda Jemmy Waraba.

Apel gelar pasukan operasi Ketupat 2022 mengangkat tema "Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H/2022 M.

Peserta apel gelar pasukan Ops Ketupat Samrat 2022 terdiri dari personel gabungan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Basarnas, PLN, dan Polsus Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Amurang.

 Bupati bersama Forkopimda Minsel memeriksa barisan pasukan. (foto: Ist)

Pada kesempatan tersebut, Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Sejumlah poin penekanan Kapolri dalam pelaksanaan Ops Ketupat yakni menjaga stamina dan kesehatan personel, melakukan deteksi dini, pengamanan secara profesional dan humanis, serta gelar perkuatan Polri pada Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan. 

Kapolri juga menekankan soal titik rawan kamtibmas dan rawan lakalantas, perlunya koordinasi dengan Satgas Covid-19, dan aplikasi peduli lindungi di lokasi wisata dan pusat perbelanjaan.

Selain itu, Satgas Pangan juga harus menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat dan stabilitas harga, serta mantapkan kerjasama, sinergi dan soliditas lintas instansi terkait guna keberhasilan pelaksanaan operasi.

Operasi Ketupat 2022 harus dilaksanakan secara optimal. Perjalanan mudik maupun balik harus berjalan lancar, aman dan sehat. 

"Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun, harus kita cegah dan antisipasi," demikian kutipan amanat Kapolri yang dibacakan Bupati Minsel.

Usai membacakan amanat Kapolri, Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini menyematkan pita Ops Ketupat Samrat 2022 kepada perwakilan TNI/Polri dan instansi terkait.

Selanjutnya Bupati FDW bersama Kapolres Minsel dan Forkopimda memeriksa barisan pasukan.

 Bupati, Wakil  Bupati dan Forkopimda foto bareng Sat Pol PP dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Minsel. (foto: Ist)

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minsel Budi Hartono S.H, M.Hum, Wakil Bupati Minsel Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th, perwakilan Kodim 1302/Minahasa, para Pejabat Utama Polres Minsel, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel. 

"Polres Minsel bersama stakeholder terkait, siap menjaga dan mengamankan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, serta siap mengawal mudik yang aman dan sehat," tegas Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, SIK saat ditemui usai apel gelar pasukan Ops Ketupat Samrat 2022. (Simon)