Kunker Ke Sulut, Kasad Jenderal Dudung Didaulat Pakai Baju Adat Kabasaran - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Kunker Ke Sulut, Kasad Jenderal Dudung Didaulat Pakai Baju Adat Kabasaran

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan isteri didaulat mengenakan Baju Adat Kabasaran, didampingi Gubernur Sulut dan Pangdam XIII/Merdeka. (foto: Dispenad)

Sulut24.com, MANADO – Mengawali kunjungan kerja (kunker) di wilayah timur Indonesia, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, berkunjung ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Minggu (10/04/2022) sore.

Kunker tersebut dilakukan dalam rangka mengunjungi sekaligus meninjau wilayah Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka, di Kota Manado.

Kunker ini merupakan pertama kalinya bagi Jenderal TNI Dudung Abdurachman sejak dilantik sebagai Pimpinan TNI Angkatan Darat.

Dalam kunjungannya ke Sulut, Kasad Jenderal Dudung didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Ny. Rahma Dudung Abdurachman. 

Kasad Jenderal Dudung juga turut didampingi Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad) Letjen TNI Chandra Warsenanto Sukotjo, Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna, SIP, MA, dan Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna.

Kedatangan Kasad disambut hangat oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE, didampingi Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh.

Turut menyambut kedatangan Kasad dan ibu, Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny. Cicilia Evie Alfret Denny Tuejeh, Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochammad Luthfie Beta, dan Inspektorat Kodam (Irdam) XIII/Merdeka.

Tampak pula Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pangdam XIII/Merdeka, para Komandan Korem (Danrem) di jajaran Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka, para Asisten dan Kepala Badan Pelaksana (Kabalak) Kodam XIII/Merdeka, pengurus Persit KCK PD XIII/Merdeka, dan jajaran Forkopimda Provinsi Sulut.

Ada yang menarik saat Kasad Jenderal Dudung bersama ibu turun dari pesawat dan menginjakkan kaki di Bandara Internasional Sam Ratulangi (Samrat) Manado, sekira pukul 17.00 WITA. 

Setibanya di Bandara Samrat, Kasad dan rombongan langsung disambut dengan Tarian Pisok, yang merupakan tarian adat Minahasa yang menceritakan kehidupan masyarakat yang selalu hidup rukun dan bekerja secara mapalus (gotong royong).

Selang beberapa saat setelah berada di ruang VIP, Jenderal Dudung dan ibu didaulat oleh Gubernur Olly untuk mengenakan Baju Adat Kabasaran khas daerah Minahasa yang memiliki makna sebagai simbolitas keberanian dan kepemimpinan seorang Panglima Perang.

Kasad Jenderal Dudung dan ibu tampak bangga karena mendapat perlakuan istimewa dan disambut sebagai tamu kehormatan di Bumi Nyiur Melambai ini.

Momen indah itu pun langsung diabadikan oleh petugas Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Dispenad) di bawah pimpinan Kadispenad Brigjen TNI Tatang Subarna.

Malam harinya, Kasad Jenderal Dudung dan ibu menghadiri acara silahturahmi di Wisma Negara Bumi Beringin, di Kota Manado.

Gubernur Olly Dondokambey dan para Kepala Daerah se-Sulut foto bareng Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (foto: Dispenad)

Acara silaturahmi tersebut dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut, Ir. Rita Dondokambey Tamuntuan.

Tampak hadir pula para Kepala Daerah se-Provinsi Sulut, unsur Forkopimda Suluttenggo di Provinsi Sulut, para petinggi TNI, dan sejumlah pejabat teras di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut. (Simon)