Naik Roda Sapi, Wabup PYR Canangkan Molinow Sebagai Desa Wisata - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Naik Roda Sapi, Wabup PYR Canangkan Molinow Sebagai Desa Wisata

Saat mencanangkan Molinow sebagai Desa Wisata, Wabup PYR menyapa warga dengan menaiki roda sapi. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Selatan (Minsel) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th, mewakili Bupati Franky Donny Wongkar, SH,  mencanangkan Desa Molinow, Kecamatan Tenga, sebagai Desa Wisata, Jumat (08/04/2022).

Pada kesempatan itu, pejabat publik yang akrab disapa PYR ini juga meresmikan Objek Wisata Tanjung Molinow. 

Kegiatan ini turut dihadiri Sub Kordinator Perencanaan Kementerian Pariwisata, Franky Hitipiew, Anggota DPRD Minsel Franky Lengkey, SE, dan Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Minsel Evert Frederikh Kawalo, SE.

Kedatangan Wabup PYR di desa tersebut disambut dengan tarian Kabasaran, dan diterima oleh Camat Tenga Petrus Ulaan, ST, bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Tenga.

Pejabat yang dekat dengan rakyatnya ini juga melawat dan menyapa warga setempat dengan menaiki gerobak/roda sapi yang dikemudikannya. 

Hal ini dilakukan karena Wabup PYR ingin menunjukkan kepada masyarakat setempat bahwa ia pun berasal dari keluarga petani.

Dalam sambutannya Wabup PYR mengatakan, pariwisata adalah salah satu industri yang dapat menopang pergerakan ekonomi Indonesia, termasuk di dalamnya Kabupaten Minsel. 

"Pengembangan sektor pariwisata akan terus kita lakukan guna meningkatkan kuantitas kunjungan wisatawan di Kabupaten Minsel. Baik wisatawan lokal, dan juga diharapkan wisatawan mancanegara," ujarnya.

Pencanangan dan peresmian Desa Wisata Molinow ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan tetengkoren. (foto: Ist)

Menurut Wabup PYR, salah satu pariwisata yang menarik dan memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan kedepannya adalah budaya dan tradisi yang mengedepankan kearifan lokal sebagai daya tarik wisatawan. 

"Karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana, sehingga pencanangan dan peresmian destinasi wisata baru ini dapat terlaksana," tutur mantan Ketua Badan Pembina Yayasan Medika GMIM ini.

Ditegaskannya, salah satu dari lima misi Kabupaten Minsel yakni mewujudkan kemandirian ekonomi melalui sektor agribisnis dan pariwisata.

"Karena itu, dengan adanya Desa Wisata Molinow di Pantai Tanjung Molinow sebagai salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Minsel, diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian dan pariwisata," kata mantan Wakil Ketua BPMS GMIM Bidang Pengembangan Sumber Daya (PSD) ini.

Ditambahkannya, ada beberapa unsur yang dapat menggerakan pariwisata, yakni keamanan, kebersihan, ketertiban, kenyamanan, keindahan dan keramahtamahan.

"Tempat wisata ini harus kita jaga dengan baik, agar menjadi destinasi bagi para pengunjung domestik, dan diharapkan dalam skala internasional juga," pungkas lelaki kelahiran Pakuweru, Kecamatan Tenga ini.

Usai membawakan sambutan, Wabup PYR lalu menandatangani prasasti yang telah disiapkan oleh panitia pelaksana.

Pencanangan Desa Wisata Molinow juga ditandai dengan pemukulan tetengkoren oleh Wabup PYR, yang diikuti pula oleh 

Sub Kordinator Perencanaan Kementerian Pariwisata, Anggota DPRD Minsel, Kadis Pariwisata Minsel, dan Camat Tenga.

Wabup PYR foto bareng penari Kabasaran. (foto: Ist)

Turut hadir pada kegiatan tersebut, sejumlah pejabat teras di jajaran Pemkab Minsel.

Antara lain Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Royke Ronald Durand, ST, MT, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Meity N. Tumbuan, S.Pd, M.Si, serta Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Hendrie Lumapow, SH, M.Si. (Simon)