Perkuat Ekonomi Daerah, FDW-PYR Serahkan Bantuan Benih Jagung dan Alsintan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Perkuat Ekonomi Daerah, FDW-PYR Serahkan Bantuan Benih Jagung dan Alsintan

 Bupati FDW menyerahkan bantuan benih jagung kepada perwakilan Koptan. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH didampingi Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th menyerahkan bantuan benih jagung dan alat mesin pertanian (alsintan) bersumber dari APBD Kabupaten Minsel Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Minsel, Rabu (13/04/2022).

Dalam sambutannya BupatI Franky Wongkar  mengharapkan, agar bantuan tersebut tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Bantuan ini adalah milik kelompok, bukan milik pribadi. Karena itu, harus dibagikan kepada seluruh anggota kelompok," tuturnya mengingatkan.

Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini juga berharap, bantuan itu akan berdampak kepada petani dan masyarakat luas.

"Penyerahan bantuan benih dan alsintan ini untuk mewujudkan misi dalam upaya memperkuat ekonomi daerah di bidang pertanian," pungkas mantan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara dari Dapil Minsel-Mitra selama 3 periode ini. 

 Wakil Bupati PYR menyerahkan bantuan alsintan. (foto: Ist)

Usai membawakan sambutan, Bupati FDW dan Wabup Petra Rembang yang juga akrab disapa PYR menyerahkan bantuan benih jagung dan alsintan kepada perwakilan Kelompok Tani (Koptan).

Direncanakan, bantuan yang sama juga akan diberikan kepada 355 Koptan di Kabupaten Minsel, pada Kamis (14/04/2022).

Usai penyerahan bantuan, dilanjutkan dengan kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Penerima Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) di Kabupaten Minsel. 

IPDMIP merupakan program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi, baik sistem irigasi kewenangan pusat, kewenangan provinsi maupun kewenangan kabupaten. 

Upaya ini diharapkan dapat mendukung tercapainya swasembada beras sesuai program Nawacita Pemerintah Indonesia.

Bupati FDW dan Wabup PYR foto bersama perwakilan Koptan penerima bantuan benih jagung. (foto: Ist)

Turut hadir dalam hajatan tersebut, Kepala Distan Kabupaten Minsel Franki Pasla, SE, M.Si didampingi Sekretaris Augus Y.M. Sumajow, SP, M.Si.

Hadir pula Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Irne M. Suryanto, SP, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Marvil Sanger, SH, Kabid Penyuluhan Pertanian Verby N.D. Rumintjap, S.TP, M.Si, para penyuluh pertanian dan perwakilan Koptan. (Simon)