Mewakili Kecamatan Amurang, Lewet-Kilometer Tiga Dikunjungi Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Mewakili Kecamatan Amurang, Lewet-Kilometer Tiga Dikunjungi Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan

Tim penilai dari unsur TP-PKK Kabupaten Minsel foto bareng saat berkunjung di Kelurahan Lewet. (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Tim penilai evaluasi perkembangan desa/kelurahan tingkat Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melakukan kunjungan sekaligus penilaian di Kelurahan Lewet dan Desa Kilometer Tiga, Kecamatan Amurang, Selasa (24/05/2022).

Kunjungan tim penilai sehubungan dengan pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Minsel. 

Terkait lomba tersebut, Kecamatan Amurang diwakili oleh Kelurahan Lewet dan Desa Kilometer Tiga.

Tim penilai terdiri dari unsur pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Minsel dan instansi terkait di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel.

Instansi terkait dimaksud yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Bagian Pemerintahan Setdakab Minsel.

Rombongan tim penilai dipimpin oleh Ibu Syultje Lumingkewas Rambi selaku ketua tim dan Ketua Bidang II TP-PKK Kabupaten Minsel Ibu Ivonne Tandayu-Rarang, SE.

Kedatangan tim disambut Camat Amurang Roommy Rumagit, S.Sos didampingi Ketua TP-PKK Kecamatan Amurang Jane Kaligis, SE.

Penilaian diawali di Kelurahan Lewet, disambut Lurah Donny Pangkey, S.Sos dan Ketua TP-PKK Kelurahan Lewet Stella Joseph bersama perangkat kelurahan setempat.

Tim penilai dari unsur TP-PKK Kabupaten Minsel saat berkunjung di Desa Kilometer Tiga. (Foto: Sulut24/Simon)

Diperoleh informasi, Kelurahan Lewet terdiri dari 6 lingkungan dengan populasi penduduk 1.427 jiwa. 

Terkait lomba desa/kelurahan tingkat Kabupaten Minsel, indikator penilaian menyangkut potensi dan profil desa/kelurahan, administrasi pemerintahan desa/kelurahan dan administrasi TP-PKK.

Indikator lainnya yakni sarana prasarana, akuntabilitas, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, serta ketersediaan sistem teknologi informasi berbasis internet.

Selain itu, dilakukan pula penilaian terhadap pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, kegiatan Kelompok Kerja (Pokja) I-IV, kelompok PKK jaga/lingkungan dan Dasa Wisma.

Penilaian dilakukan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, dan daya saing desa/kelurahan yang menjadi obyek penilaian.

Usai melakukan penilaian di Kelurahan Lewet, rombongan tim penilai bertolak menuju Desa Kilometer Tiga. 

Tiba sekitar pukul 12.30, rombongan disambut oleh Hukum Tua Herman W. Ulaan didampingi Ketua TP-PKK Desa Kilometer Tiga Marie Tutu dan Ketua Lembaga Masyarakat Desa (LMD) Inneke Aluy.

Dalam laporannya, Hukum Tua Herman W. Ulaan mengungkapkan, Desa Kilometer Tiga memiliki luas wilayah 250 hektar, 15 hektar diantaranya untuk kawasan pemukiman penduduk.

Populasi penduduk di Desa Kilometer Tiga tercatat 1.102 jiwa atau 289 Kepala Keluarga (KK), terdiri dari 525 jiwa laki-laki dan 577 jiwa perempuan.

"Dalam memimpin masyarakat di desa ini, saya dibantu oleh 4 kepala jaga, 3 kepala seksi, 3 kepala urusan, dan 5 staf," ungkap Ulaan.

Untuk memarakkan kegiatan penilaian lomba di desa tersebut, pemerintah bersama TP-PKK Desa Kilometer Tiga menggelar lomba kebersihan/penataan lingkungan dan lomba menu.

Tim penilai dipimpin Ibu Syultje Lumingkewas Rambi dan Ketua Bidang II TP-PKK Minsel Ibu Ivonne Tandayu-Rarang, SE. (Foto: Sulut24/Simon)

Penilaian dilakukan dengan cara turun langsung ke tiap-tiap jaga, mulai dari Jaga IV hingga Jaga I. 

Usai melakukan penilaian, Ketua Bidang II TP-PKK Minsel Ibu Ivonne Tandayu-Rarang, SE dan Kabid Pembangunan Desa Dinas PMD Minsel Edwin Tampi, SE, memberikan koreksi dan saran mengenai berbagai hal yang masih kurang dan perlu segera dibenahi. (Simon)