Pacu Pembangunan 12 Mako Baru, Kapolda Sulut Letakkan Batu Pertama Pembangunan Mako Polres Boltim - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pacu Pembangunan 12 Mako Baru, Kapolda Sulut Letakkan Batu Pertama Pembangunan Mako Polres Boltim

Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Mulyatno, SH, MM meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Mako Polres Boltim. (Foto: Ist)

Sulut24.com, BOLTIM – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Drs. Mulyatno, SH, MM meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Markas Komando (Mako) Polres Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sabtu (28/05/2022) pagi.

Areal pembangunan Mako Polres Boltim terletak di Desa Tutuyan 3, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Boltim.

Pada kesempatan itu, Kapolda Irjen Pol Mulyatno turut didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Sulut Ny. Mila Mulyatno, dan sejumlah Pejabat Utama Polda Sulut.

Irjen Pol Mulyatno dalam sambutannya mengatakan, dengan mulai dibangunnya Mako Polres Boltim ini diharapkan akan membawa banyak harapan bagi masyarakat Boltim.

Ia mengingatkan, upaya penegakan hukum tidak terlepas dari budaya masyarakat. Produk hukum tidak terlepas pula dari produk masyarakat, karena penegak hukum adalah cermin dari masyarakat.

Karena itu, mantan Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri ini mengajak seluruh pihak untuk membangun masyarakat yang betul-betul sadar hukum, patuh hukum, dan menaati hukum yang berlaku.

“Kita juga harus menciptakan suasana kerja yang kondusif, yang mampu mendorong terwujudnya kesejahteraan dan ketertiban masyarakat,” tegas Irjen Pol Mulyatno.

Ditegaskannya pula, Polres Boltim beserta jajaran akan mendukung terciptanya sebuah tatanan masyarakat yang 'tata tentram kerta raharja'.

Tata, artinya dengan penegakan hukum, diharapkan semuanya akan tertata, termasuk lingkungan sosial, masyarakat, dan dunia pendidikan, sehingga kita akan memiliki kompetensi yang baik.

"Di era globalisasi, apalagi era revolusi industri 4.0 ini, kompetensi betul-betul diutamakan sebagai modal untuk bisa memperoleh dan memanfaatkan peluang yang ada,” terang mantan Kapolres Aceh Utara ini.

Bila semuanya sudah tertata, lanjutnya, masyarakat akan merasa tenteram. Artinya, merasa tenang, tidak ada lagi kekhawatiran terutama terhadap keamanan.

Adapun kerta, artinya masyarakat bisa bekerja dengan baik sesuai bidang profesinya masing-masing.

"Kalau masyarakat sudah bisa bekerja dengan baik, dengan leluasa, tanpa adanya gangguan keamanan dan ketertiban, maka akan tercipta raharja atau kesejahteraan bersama,” tutur lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 ini.

Menurut Irjen Pol Mulyatno, tugas Polri sesuai Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

“Jadi kehadiran Polri, dalam hal ini Polres Boltim dan jajaran, merupakan representasi dari kehadiran negara untuk melindungi warga masyarakat,” tandas mantan Wakapolres Metro Jakarta Selatan ini.

Irjen Pol Mulyatno pada kesempatan itu tidak lupa menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Boltim dan seluruh pihak yang telah berupaya maksimal, serta merestui pembangunan Mako Polres Boltim.

“Kami titipkan kepolisian, khususnya Polres Boltim dan jajaran kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama serta seluruh pihak yang ada di daerah ini," katanya.

Di akhir sambutannya, Irjen Pol Mulyatno mengajak semua pihak saling bersinergi sehingga akan semakin mudah dalam melaksanakan tugas pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

"Pada akhirnya, kita akan mencapai tujuan kita bersama, yakni terciptanya masyarakat yang aman dan tertib, patuh dan sadar hukum. Serta masyarakat yang merasakan pengayoman dan perlindungan dengan adanya Mako Polres Boltim ini,” pungkas 

Perwira Tinggi (Pati) Polri asal Pemalang, Jawa Tengah ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto. S.Sos, M.Si, Kapolres Boltim AKBP I Dewa Nyoman Agung Surya Negara SIK beserta unsur Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Sekedar informasi, sejak menjabat Kapolda Sulut pada 31 Oktober 2021, Irjen Pol Mulyatno telah menetapkan 12 Program Prioritas yang akan dijabarkannya selama menahkodai jajaran Polda Sulut.

Satu di antara 12 Program Prioritas tersebut adalah pembangunan 6 Mako Polres baru. 

Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Mulyatno, SH, MM saat meresmikan tiga Mako baru yakni Mako Polres Bolmong, Mako Polres Bolsel, dan Mako Polres Bolmut. (Foto: Ist)

Kapolda Irjen Pol Mulyatno sangat konsisten dengan target tersebut. Ia terus memacu realisasi pembangunan 6 Mako Polres baru di wilayah hukum Polda Sulut.

Terbukti, pada 18 April 2022, ia telah meresmikan tiga Mako Polres baru, masing-masing Mako Polres Bolaang Mongondow (Bolmong), Mako Polres Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dan Mako Polres Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Dan jelang akhir Mei 2022 ini, sementara dibangun pula dua Mako Polres baru yakni Mako Polres Minahasa Tenggara (Mitra) dan Mako Polres Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Kapolda Irjen Pol Mulyatno. (Simon)