Pengangguran Sulut Didominasi Laki-Laki, Tumbelaka: Berpotensi Timbulkan Masalah Sosial - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pengangguran Sulut Didominasi Laki-Laki, Tumbelaka: Berpotensi Timbulkan Masalah Sosial

 (Foto: via Merdeka.com/Iqbal S Nugroho) 

Sulut24.com, MANADO - Pengamat sosial kemasyarakatan Sulawesi Utara Taufik Tumbelaka menilai pemerintah harus segera mengambil langkah menyikapi rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara dimana sampai bulan Februari terdapat 90,25 ribu orang angkatan kerja menganggur yang didominasi oleh laki-laki. 

"Pemerintah daerah harus mendalami apa penyebabnya, hal ini dikarenakan ada banyak variabel yang dapat mempengaruhi, semisal pandemi COVID-19 yang berpotensi menyebabkan pelemahan dunia usaha dan lainnya," ucapnya, Kamis (19/5/2022). 

Dirinya mengatakan bahwa pemerintah harus mendalami data BPS agar mempermudah pemerintah daerah dalam membuat arah kebijakan terkait pembangunan daerah dimana SDM termasuk didalamnya.

"Melalui penerapan arah kebijakan yang tepat maka akan berdampak signifikan terhadap masalah sosial ekonomi dan sosial kemasyarakatan," jelas Tumbelaka.

Jika hal tersebut tidak segera diatasi maka berpotensi menimbulkan masalah sosial ekonomi dan nantinya akan bersinggungan dengan masalah sosial kemasyarakatan dalam arti yang luas.

"Misalkan akan berdampak kepada penyakit sampah sosial, dan dampak negatif  yang paling bahaya yaitu muncul penurunan daya juang dalam mengarungi kehidupan," tandasnya.(fn)