Polda Sulut Bangun RPK Perempuan dan Anak, Polres Mitra Segera Miliki Mako - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Polda Sulut Bangun RPK Perempuan dan Anak, Polres Mitra Segera Miliki Mako

Kapolda Sulut Irjen Pol. Drs. Mulyatno, S.H, M.M melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung RPK perempuan dan anak. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Drs. Mulyatno, S.H, M.M melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Ruang Pelayanan Khusus (RPK) bagi perempuan dan anak, di areal belakang Markas Polda Sulut, Jumat (27/5/2022) pagi.

Menariknya, gedung RPK ini baru ada dua di Indonesia, dan salah satunya di Polda Sulut.

Diperoleh informasi, gedung berkonstruksi dua lantai ini dibangun berdasarkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 3 Tahun 2008 Tentang Pembentukan RPK dan Tata Cara Pemeriksaan Saksi dan/atau Korban Tindak Pidana.

Pembangunan gedung RPK itu dijadwalkan akan rampung pada 5 Oktober 2022 mendatang. 

Ke depannya, gedung RPK ini akan dilengkapi dengan ruang tahanan anak, ruang pemeriksaan, ruang kontrol, ruang konseling, ruang siber, dan ruang istirahat.

Selain itu, terdapat pula ruang laktasi, ruang rapat, ruang kerja Kasubdit dan para Kanit, ruang tunggu, dan ruang bermain anak.

Dalam sambutannya Irjen Pol Mulyatno mengungkapkan, gedung RPK ini baru ada dua di Indonesia.

“Karena itu, kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada negara dan Mabes Polri, yang telah memberikan kesempatan  bagi kita membangun gedung RPK di Polda Sulut,” tutur Irjen Pol Mulyatno.

Menurutnya, tujuan pertama pembangunan gedung RPK tidak lepas dari kerangka tugas pokok dan fungsi kepolisian, utamanya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terlebih khusus bagi kaum perempuan, anak-anak dan orang berkebutuhan khusus.

“Sehingga pada pelayanannya nanti, diharapkan tidak ada lagi kekurangan-kekurangan. Apalagi yang mengarah kepada pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM),” jelas mantan Kapolres Aceh Utara ini.

Tujuan kedua yakni meningkatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat di bidang penegakkan hukum.

“Jangan lagi ada yang komplain atau mengeluh diperlakukan tidak manusiawi. Dengan dibangunnya gedung RPK ini, mari kita sama-sama awasi betul, supaya pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sesuai anggaran yang telah diberikan,” pinta lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang tahun 1988 ini.

Adapun tujuan ketiga adalah untuk terus menjunjung tinggi HAM dalam setiap pelaksanaan tugas-tugas kepolisian.

“Terutama bagi orang-orang berkebutuhan khusus seperti difabel, orang-orang yang rentan, lanjut usia, orang sakit dan sebagainya. Mereka harus mendapatkan perhatian yang lebih,” tandas Perwira Tinggi (Pati) Polri asal Pemalang, Jawa Tengah tersebut.

Mantan Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri ini berharap, dengan dibangunnya gedung RPK bagi perempuan dan anak, Polda Sulut akan semakin dekat dan dapat melaksanakan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

Kepada pihak CV. Gratia selaku penyedia jasa/kontraktor, Jenderal polisi bintang dua ini meminta agar melaksanakan pembangunan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Diharapkan pembangunan RPK ini tepat waktu, tepat volume, tepat kualitas, dan betul-betul sesuai spesifikasi teknis,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakapolda Sulut 

Brigjen Pol Jhonny Edison Isir, SIK, MTCP, dan para Pejabat Utama Polda Sulut.

Sebelumnya, Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno juga melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Markas Komando (Mako) Polres Minahasa Tenggara (Mitra), pada Sabtu (21/05/2022) pagi.

Irjen Pol Mulyatno dalam sambutannya mengatakan, pembangunan Mako Polres Mitra ini harus disyukuri bersama karena merupakan bagian dari Program Nawacita untuk menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

“Termasuk pula menghadirkan Polri di dalam melaksanakan tugas-tugas pokoknya yakni memelihara kamtibmas, menegakkan hukum, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat,” tegas Irjen Pol Mulyatno.

Mantan Wakapolres Metro Jakarta Selatan ini berharap, ke depan dengan hadirnya Mako Polres Mitra yang baru, akan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Mitra.

Kapolda Sulut Irjen Pol. Drs. Mulyatno, S.H, M.M bersama Wakil Bupati dan Kapolres Mitra saat peletakkan batu pertama pembangunan Mako Polres Mitra. (Foto: Ist)

Turut hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Mitra Drs. Jesaya Jocke Oskar Legi didampingi unsur Forkopimda Kabupaten Mitra, beberapa Pejabat Utama Polda Sulut, dan Kapolres Mitra AKBP Dr. Rudi Hartono, S.I.K, MH, M.Si beserta jajaran.

Hadir pula Camat Ratahan Arce Kalalo, SH, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mitra Abdul Kohar Sampage. (Simon)