Belajar dari Kasus Holywings, Ketua Mathla'ul Anwar Ingatkan Pengusaha Agar Tidak Main di Ranah Sensitif - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Belajar dari Kasus Holywings, Ketua Mathla'ul Anwar Ingatkan Pengusaha Agar Tidak Main di Ranah Sensitif

Holywings (Foto via line today)

Sulut24.com, MANADO - Promosi minuman keras gratis kepada pengunjung bernama Muhammad dan Maria oleh tim promosi Holywings terus menuai kecaman dari berbagai pihak.

Ketua Mathla'ul Anwar Sulawesi Utara (Sulut) Awaluddin Pangkey menilai bahwa ada unsur kesengajaan dalam promosi tersebut karena menurutnya secara umum masyarakat sudah mengetahui bahwa kedua nama tersebut merupakan nama yang sakral dalam agama Muslim dan Kristen khususnya Katolik.

"Ada hal sengaja yang dilakukan dan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia ini adalah penodaan agama," jelas Pangkey, Senin (27/6/2022).

Dirinya mengatakan bahwa polisi juga harus melakukan penyelidikan secara mendalam untuk mengetahui motif dibalik promosi menggunakan simbol agama tersebut.

"Apakah unsur kesengajaan tersebut ada niat-niat lain yang bisa meresahkan atau membuat Indonesia tidak aman, pihak berwajib harus mendalami apa motif dari promosi miras dengan menggunakan simbol agama," tuturnya.

Ia pun meminta pihak penegak hukum untuk memberikan hukuman maksimal kepada para pelaku.

Terkait penutupan Holywings, Pangkey menilai harus ada pertimbangan yang matang karena banyak karyawan yang akan terdampak secara ekonomi.

"Kalau sampai pada penutupan kasihan juga karena ini usaha dan ada begitu banyak orang yang bekerja disitu," kata Pangkey.

Ia pun berharap agar kasus seperti ini tidak terjadi lagi dikemudian hari, untuk itu Pangkey mengingatkan para pengusaha agar tidak menggunakan hal sensitif dalam melakukan promosi.

"Pengusahan-pengusaha jangan mencoba bermain di ranah sensitif karena Indonesia merupakan negara religius. Apalagi simbol agama disandingkan dengan simbol kemaksiatan, karena dalam semua agama miras adalah kemaksiatan," tandasnya. (fn)