Jalin Sinergitas dan Bahas Pembentukan Kodim, Danrem 131/Santiago Temui Bupati Minsel - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Jalin Sinergitas dan Bahas Pembentukan Kodim, Danrem 131/Santiago Temui Bupati Minsel

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH saat menyambut kedatangan Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P, M.M. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL – Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P, M.M melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Jumat (03/06/2022).

Setibanya di Kantor Bupati Minsel, di Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur, Brigjen TNI Mukhlis disambut hangat oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH.

Pada kesempatan itu, Bupati Franky Wongkar turut didampingi Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, S.IK, dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minsel Budi Hartono, SH, M.Hum. 

Sementara Brigjen TNI Mukhlis didampingi sejumlah pejabat Korem 131/Santiago, dan Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa Letkol Inf Ircham Effendy. 

Tujuan kedatangan Jenderal bintang satu ini yakni hendak menjalin tali silaturahmi dan sinergitas dengan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel.

Pasalnya, Komando Distrik Militer (Kodim) 1302/Minahasa merupakan satuan kewilayahan yang berada di bawah Komando Resort Militer (Korem) 131/Santiago.

Pertemuan antara Bupati Minsel dengan Danrem 131/Santiago berlangsung santai dan penuh keakraban. (Foto: Ist)

Pembicaraan antara Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis dengan Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH yang berlangsung di lantai 2 kantor bupati, berlangsung santai dan penuh keakraban.

Kedatangan mantan Wakil sisten Perencanaan Kasad Bidang Manajemen dan Reformasi Birokrasi ini, juga dalam rangka memperkenalkan diri sebagai pejabat baru di  lingkungan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Utara (Sulut), setelah ia dilantik sebagai Danrem 131/Santiago, menggantikan Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH, MIP.

Pada kesempatan itu, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Minsel atas penyambutan terhadap dirinya dan sinergitas serta soliditas yang sudah terjalin baik selama ini.

Brigjen TNI Mukhlis mengharapkan, ke depan hubungan yang baik ini tetap dipelihara, dijaga dan ditingkatkan sehingga TNI-Pemkab Minsel tetap solid dan selalu bersinergi.

Di sela-sela pertemuan itu, Brigjen TNI Mukhlis bersama Bupati Minsel membicarakan tentang kerja sama dan tindak lanjut rencana pembentukan Komando Distrik Militer (Kodim) di Kabupaten Minsel. 

Brigjen TNI Mukhlis menyampaikan pula mengenai program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang akan dilaksanakan pada Triwulan IV, di Motoling, Kabupaten Minsel.

Rencana detail program TMMD tersebut sudah ada, dan saat ini sementara dimatangkan oleh pihak Kodim 1302/Minahasa.

Diketahui, TMMD merupakan keterpaduan antara TNI bersama Pemda sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan, serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Program ini bertujuan meningkatkan geliat ekonomi di daerah-daerah yang membutuhkan akses jalan yang lebih baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

 Danrem 131/Santiago foto bersama Bupati Minsel, Dandim 1302/Minahasa, Kapolres dan Kajari Minsel. (Foto: Ist)

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH dalam pertemuan itu menyatakan menyambut baik dan mendukung penuh rencana pembentukan Kodim dan kegiatan program TMMD di Kabupaten Minsel.

Terkait rencana pembentukan Kodim, Pemkab Minsel telah menyiapkan lahan dan tinggal menunggu tahapan selanjutnya.

Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini juga menyatakan mendukung penuh rencana kegiatan program TMMD di Kabupaten Minsel.

“Pemkab Minsel sudah menyiapkan anggaran di APBD melalui dana hibah untuk menunjang program TMMD tersebut,” jelas mantan Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Manado ini.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Sulut dari Dapil Minsel-Mitra selama 3 periode ini menambahkan, hingga saat ini koordinasi jajaran Forkopimda Minsel sangat baik dan tetap kompak.

Terbukti, program vaksinasi di Kabupaten Minsel berjalan lancar dan sukses.

"Berkat usaha dan kerja keras kita bersama, Kabupaten Minsel saat ini ditetapkan dalam kriteria PPKM Level 1 sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2022,” ungkap Bupati Franky Wongkar.

Di akhir pertemuan, atas nama pemerintah dan masyarakat Minsel, Bupati Franky Wongkar tidak lupa menyampaikan terima kasih atas kunjungan silaturahmi Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis. 

Usai pertemuan itu, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis kemudian bertolak kembali ke Manado. (Simon)