Polda Sulut dan PT. MSM Canangkan Penanaman 10 Ribu Pohon Mangrove - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Polda Sulut dan PT. MSM Canangkan Penanaman 10 Ribu Pohon Mangrove

Foto bersama pada kegiatan pencanangan penanaman pohon mangrove (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Kepolisian Daerah Sulawesi Utara atau Polda Sulut bekerja sama dengan PT. MSM/TTN Kamis (23/6/2022) melakukan pencanangan penanaman 10 ribu mangrove untuk membentengi kawasan pesisir di seputaran Hotel Paradise Casabaio Likupang Timur, Minahasa Utara.

Pencanangan penanaman Mangrove ini berkaitan juga dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76 serta Hari Gerak Kesatuan Bhayangkari ke-70.

Kapolda Sulut Irjend Pol. Drs. Mulyatno SH MM mengatakan penanaman mangrove memiliki tujuan jangka panjang, menyelamatkan masyarakat pesisir yang terancam tenggelam. Begitupun para nelayan yang menggantungkan hidup dari laut.

Aksi tersebut dilatarbelakangi atas kepedulian Polda Sulut dan PT. MSM/TTN  pada lingkungan. Terlebih mengingat dampak abrasi yang menenggelamkan banyak tempat tinggal penduduk kawasan pesisir.

"Ditempat ini kita bukan hanya menanam, tetapi kita juga perlu menjaga dan merawat apa yang kita tanam ini," ungkapnya.

Selain itu, upaya tersebut dilakukan untuk memperbaiki ekosistem laut. Sehingga ikan-ikan dapat terlindungi oleh mangrove. Kemudian mengurangi emisi karbon sesuai komitmen yang dinyatakan pemerintah.

Mewakili presiden direktur PT. MSM/TTN Juanda mengatakan penanaman pohon mangrove sendiri mempunyai manfaat ekologis diantaranya sebagai filter laut, mencegah abrasi dan juga sebagai habitat atau tempat hidup, berlindung, berkembang biak binatang laut. 

Menurutnya kegiatan penanaman pohon mangrove banyak sekali manfaat nya dari sisi ekologis maupun ekonomis. 

Suasana pencanangan penanaman 10 ribu pohon mangrove (Foto: Ist)

"Dilihat dari fungsi ekologis dan ekonomis sangat bagus untuk dilanjutkan dan pengembangan penanaman pohon mangrove ditepi-tepi laut. Hari ini sebanyak 10 ribu pohon mangrove kita tanam dan hal ini besar manfaatnya," ucapnya

Sementara untuk manfaat ekonomis, hutan mangrove dapat menjadi obyek wisata dan juga kebutuhan hidup masyarakat sekitar.

Hadir dalam kegiatan perwakilan Dandim 1310, perwakilan Kejari Minut, para Kumtua, Manager Hotel Casabaiao, Polres Minut, dan pencinta lingkungan, serta ibu-ibu Bhayangkari, petinggi dan pegawai PT MSM/TTN. (Joyke)