Selamat, Bupati Joune Ganda Lulus S2 Administrasi Negara dengan Nilai Tesis Tertinggi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Selamat, Bupati Joune Ganda Lulus S2 Administrasi Negara dengan Nilai Tesis Tertinggi

 

Joune Ganda (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT – Rasa bahagia dirasakan Bupati Joune Ganda. Pasalnya Bupati Kabupaten Minahasa Utara ini berhasil meraih S2 Magister Administrasi Negara Universitas Negeri Manado Kamis (30/6/2022)

Bupati Minahasa Utara (Minut), Joune J.E Ganda, SE berhasil menyelesaikan ujian tesis di Pasca Sarjana Universitas Manado (UNIMA) program studi S2 Administrasi Negara dengan nilai tinggi 3,9

Ujian tersebut dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Orbanus Naharia M.Si yang mewakili Rektor Unima

Joune Ganda diuji oleh para akademis diantaranya, Direktur Pasca Sarjana Prof Dr Philotheus Tuerah, M. Si, DEA, Kaprodi S2 Administrasi Negara Dr Sisca Beatrix Kairupan, M.Si, Sekprodi S2 Administrasi Negara Dr. Fitri Mamonto dan Dr Martinus Mandagi.

Tampil dengan penuh percaya diri dan menguasai materi, Joune Ganda paparkan tesis berjudul 

“Pengaruh Pemberdayaan Masyarakat Bermediasi Dukungan Masyarakat Terhadap Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Destinasi Super Prioritas Likupang di Kabupaten Minahasa Utara”

Wilayah penelitian tesis Joune Ganda adalah Marinsow, Pulisan dan Kinunang Likupang.

Saat diuji, Joune Ganda menjawab dengan tenang dan mempertahankan tesis dengan argumen logis.

Joune Ganda sanggup menjelaskan kunci tesisnya yakni pemberdayaan masyarakat memicu dukungan masyarakat dan mendorong pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Para penguji sangat kritis, tapi kagum dengan Joune Ganda.

Salah satu penguji Prof Dr Philotheus Tuerah, M. Si, DEA yang juga merupakan Direktur Pascasarjana Unima mengatakan penelitian Joune Ganda sangat natural. Mengungkap masalah dan solusinya. Sebut dia, hal itu sulit dilakukan oleh seseorang yang sangat sibuk dengan kerjanya sebagai kepala daerah. 

“Tapi pak Joune Ganda melakukannya dengan sempurna,” kata dia.

Menurutnya, keinginan Joune Ganda untuk menuntut ilmu didasarkan pada kecintaannya pada warga Minut. Sebagai pemimpin Minut, ia ingin menguasai ilmu agar bisa mensejahterakan rakyat lewat program yang modern namun berintikan kerakyatan.

“Ini memberi inspirasi pada warga Minut untuk terus menuntut ilmu,” katanya.

Diketahui selain di Unima, Joune Ganda juga kuliah S2 di Unsrat dan Universitas Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Orbanus Naharia, M.Si yang mewakili Rektor, mengaku sangat bangga dengan Joune Ganda. Ia berharap langkah Joune Ganda akan diikuti kepala daerah lainnya. 

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi, kiranya ini menjadi inspirasi untuk pihak lainnya untuk menimba ilmu setinggi tingginya,” katanya. (Joyke)