Bupati Joune Ganda Terima Fasilitas Pusat Daur Ulang dan Rumah Kompos - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Bupati Joune Ganda Terima Fasilitas Pusat Daur Ulang dan Rumah Kompos

Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune J.E. Ganda, SE, MAP (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune J.E. Ganda, SE, MAP (JG), menerima Fasilitas Pusat Daur Ulang dan Rumah Kompos yang  telah dibangun oleh Ditjen PSLB3 KLHK bertempat di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (26/07/2022).

Bupati JG dalam kesempatan ini mengatakan bahwa Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga sebagaimana tercantum dalam Perpres Nomor 97 Tahun 2017 sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi.

“Sejalan dengan kebijakan tersebut, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara juga telah menyusun kebijakan dan strategi daerah yang dijabarkan dalam peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi Kabupaten Minahasa Utara dalam pengelolaan sampah sejenis sampah rumah tangga,” jelas Bupati JG.

Menurutnya, pengelolaan sampah adalah kewajiban bersama sebagai penghasil sampah. Oleh karena itu, kita harus bertanggung jawab menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

“Pengelolaan sampah menjadi kewajiban bersama sebagai penghasil sampah. Kita harus bertanggung jawab menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat,” ucapnya.

Bupati Minut diakhir sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena menjadi salah satu dari 5 daerah yang menerima bantuan fasilitas pengelolaan sampah dalam hal ini rumah kompos dengan kapasitas 2 Ton/hari.

“Terima kasih atas bantuan fasilitas ini. Dengan adanya fasilitas ini akan membantu peningkatan kapasitas dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Minahasa Utara sehingga meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan. Fasilitas ini juga akan menjadi salah satu faktor penunjang bagi Kabupaten Minahasa Utara sebagai daerah Destinasi Super Prioritas,” tutup Bupati JG.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Jendral Pengelolaan Sampah LB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rosa Vivien Ratnawati, Direktur Penanganan Sampah KLHK, Novrizal Tahar, para kepala Daerah; Wali Kota Pariaman, Bupati Kudus, Bupati Lombok Barat, Bupati Magelang, dan para Kepala Dinas Lingkungan Hidup beserta jajaran serta para tamu undangan. (Joyke)