Kantongi 797 Suara, Pdt. Yvonne Awuy Lantu Kembali Pimpin MD GPdI Sulut Periode 2022-2027 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Kantongi 797 Suara, Pdt. Yvonne Awuy Lantu Kembali Pimpin MD GPdI Sulut Periode 2022-2027

Pelantikan Pengurus Majelis Daerah (MD) GPdI Sulut periode 2022-2027 oleh Majelis Pusat (MP) GPdI. (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINUT – Setelah melalui proses pemilihan yang sangat ketat namun berlangsung aman dan transparan, calon nomor urut 3 Pdt. Yvonne Indrya Awuy-Lantu akhirnya dinyatakan menang telak dan resmi memimpin Majelis Daerah (MD) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara (Sulut) periode 2022-2027. 

Gembala Sidang GPdI Samrat Nomor 38 Manado ini mengantongi 797 suara, jauh lebih unggul dibandingkan dua kandidat lainnya yakni kandidat nomor urut 2 Pdt. Dr. Robert Y. Longkutoy, M.A., M.Th., M.Pd yang mengoleksi 472 suara, dan nomor urut 1 Pdt. Ronny Daniel Luwuk, S.Th yang hanya meraup 295 suara.

Sementara itu, sebanyak 42 kartu suara dinyatakan rusak. 

Pemilihan yang hanya berlangsung sekali putaran ini, menjadi agenda utama forum Musyawarah Daerah (Musda) GPdI Sulut Tahun 2022 yang digelar di Convention Center Hotel Sutanraja, Kalawat, Minahasa Utara (Minut).

Hajatan lima tahunan ini berlangsung selama tiga hari, sejak tanggal 20 hingga 22 Juli 2022. 

Proses pemilihan dimulai sejak Kamis (21/07/2022) malam hingga Jumat (22/07/2022) dinihari sekitar pukul 04.30 WITA, dengan menggunakan metode pencoblosan kartu suara. 

Setelah dinyatakan unggul, Pdt. Yvonne Awuy Lantu selaku Ketua MD terpilih kemudian ditunjuk sebagai formatur tunggal untuk memilih dan menyusun struktur pengurus MD GPdI Sulut periode pelayanan 2022-2027.

Dalam struktur pengurus MD GPdI Sulut periode 2022-2027, Pdt. Yvonne Awuy Lantu dibantu Pdt. Hanny Awuy sebagai Sekretaris, dan Pdt. Prof. Dr. David Paul Saerang selaku Bendahara. 

Adapun posisi Wakil Ketua diisi oleh empat orang pendeta, masing-masing Pdt. John Awuy, Pdt. Wempie Kumendong, Pdt. Robby Makal, dan Pdt. Matheos Sumaa.

Pdt. Yvonne Awuy Lantu juga memilih dan menetapkan 16 pendeta, termasuk dua rivalnya (Pdt. Dr. Robert  Y. Longkutoy dan Pdt. Ronny Daniel Luwuk, S.Th) untuk mengisi posisi Penasehat.

Hamba Tuhan berusia 75 tahun dan sudah tiga kali berturut-turut menahkodai MD GPdI Sulut ini, juga kembali memilih dan menetapkan Ketua Umum Panitia Musda GPdI Sulut, Drs. Meiki Marthen Onibala, M.Si memimpin Komisi Daerah (KD) Pelayanan Pria Pantekosta (Pelprip). 

Sementara, KD Pelayanan Wanita Pantekosta (Pelwap), juga untuk ketiga kalinya dipimpin Pdt. Ir. Freyke Kesek. 

KD Pelpap dinahkodai Pdt. Stephanus Sumolang, KD Pelayanan Pemuda Remaja Pantekosta (Pelprap) digawangi Pdt. Steven Longkutoy, dan KD Pelayanan Mahasiswa Pantekosta (Pelmap) dipimpin Pdt. Efraim Nusland.

Struktur MD GPdI Sulut periode 2022-2027 juga dilengkapi dengan sejumlah biro, yakni penggembalaan, penginjilan, pendidikan dan pengajaran, organisasi, pelayanan misi dan perintisan gereja lokal, dan pelayanan warga jemaat.

Kemudian, biro pembangunan gereja pedesaan, penelitian dan pengembangan (Litbang), pengawasan aset, media cetak dan elektronik, diakonia, hubungan antar lembaga, serta musik dan kreatif. 

Selanjutnya, pengurus MD GPdI Sulut periode 2022-2027 dilantik oleh  Sekretaris Umum (Sekum) Majelis Pusat (MP) GPdI Pdt. Elim Simamora, didampingi Bendahara Umum Pdt. Brando Lumatauw, Ketua Pdt. Herry Lumantauw, Ketua Pdt. Dr. Robert Y. Longkutoy, dan Anggota Majelis Pertimbangan Rohani (MPR) Pdt. Karel Silitonga.

Rangkaian Musda GPdI Sulut Tahun 2022 diakhiri dengan ibadah penutupan, yang digelar pada Jumat (22/07/2022) pagi hingga menjelang sore hari. 

Ibadah penutupan ini dirangkaikan pula dengan prosesi pelantikan sejumlah pendeta penuh oleh Pimpinan MP GPdI, pendeta muda oleh Pimpinan MD GPdI Sulut, serta pelayanan firman dan perjamuan kudus dipimpin oleh Sekum MP GPdI Pdt. Elim Simamora. 

Di sela-sela ibadah penutupan tersebut, Pimpinan MD GPdI Sulut juga memberikan penghargaan berupa penyematan Pin Salib Emas kepada enam Pendeta/Gembala Sidang yang dengan setia telah melayani jemaat selama 50 tahun.  

Pelantikan pengurus MD, pendeta penuh, pendeta muda, dan penyematan pin salib emas. (Foto: Sulut24/Simon)

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Panitia Musda GPdI Sulut, Drs. Meiki Marthen Onibala, M.Si menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut menyukseskan hajatan akbar ini. 

"Atas nama panitia bersama Majelis Daerah, kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulut, dalam hal ini Bapak Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven Octavianus Estefanus Kandouw, yang telah memberikan bantuan dana sebesar 1,4 miliar rupiah untuk menopang kegiatan Musda ini,” ujar Inspektur Daerah Provinsi Sulut ini.

Berikut Ini Susunan MD GPDI Sulut Periode 2022 – 2027 :

Penasehat : Pdt. Dr. Robert Y. Longkutoy, MA., M.Th., M.Pd

Pdt. Julianus Kesek

Pdt. Robby Mambo

Pdt. Hein Watuseke

Pdt. Hein Lumingkewas

Pdt. Joseph Takarendehang

Pdt. Ronny Daniel Luwuk, S.Th

Pdt. H. B Ratu

Pdt. Minderd Malonda

Pdt. Markus Tumbelaka

Pdt. Richard Wurangian

Pdt. Boby Rakian

Pdt. Ventje Lukar

Pdt. Edwin Sumilat

Pdt. Gustaf Onsu

Pdt. Max Tamon

Ketua   : Pdt. Yvonne Indrya Awuy Lantu

Wakil 1 : Pdt. John Awuy

Wakil 2 : Pdt. Wempie Kumendong

Wakil 3 : Pdt. Robby Makal

Wakil 4 : Pdt. Matheos Sumaa

Sekretaris : Pdt. Hanny Awuy

Wakil 1 : Pdt. Hanny Kolondam

Wakil 2 : Pdt. Rein Wotulo

Wakil 3 : Pdt. Berty Motulo

Bendahara : Pdt. Prof. Dr. David Paul Saerang

Wakil 1 : Pdt. Franky Mewengkang

Wakil 2 : Pdt. Herry Moningkey

Wakil 3 : Pdt. Jeff Sumayku

Biro Penggembalaan : Pdt. George Tewal

Biro Penginjilan : Pdt. James Tombeng, Pdt. Verol Tambuwun, dan Efraim Mamahit

Biro Pendidikan dan Pengajaran : Pdt. J. F Kaawoan

Biro Organisasi : Pdt. Albert Awuy

Biro Pelayanan Misi dan Perintisan Gereja Lokal : Pdt. Sonny Mandagi

Biro Pelayanan Warga Jemaat : Pdt. Lexi Karundeng

Biro Pembangunan Gereja Pedesaan : Pdt. Lengker Rarumangkay

Biro Litbang : Pdt. David Araro

Biro Pengawasan Aset : Pdt. Nogi Rundengan

Media Cetak dan Elektronik : Pdt. Julianus Kaligis

Diakonia : Pdt. Toni Budiman dan Pdt. Jeffry Manitik

Hubungan Antar Lembaga : Pdt. Heazar Sumual

Musik dan Kreatif : Pdt. Argemiro Manimpurung

KD Pelprip   : Drs. Meiki Marthen Onibala, M.Si

KD Pelwap  : Pdt. Ir. Freyke Kesek

KD Pelpap  : Pdt. Stephanus Sumolang

KD Pelprap : Pdt. Steven Longkutoy

KD Pelath   : Pdt. Lody Waworuntu

KDP3         : Pdt. Oyke Woran

Pelmap      : Pdt. Efraim Nusland. (Simon)