Lobi Pembangunan Fasilitas Umum dan Sosial Pasca Bencana Alam, FDW-PYR Sambangi Kementerian PUPR dan Kemenko PMK - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Lobi Pembangunan Fasilitas Umum dan Sosial Pasca Bencana Alam, FDW-PYR Sambangi Kementerian PUPR dan Kemenko PMK

 


Sulut24.com, JAKARTA - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH bersama Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th (FDW-PYR) secara marathon melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR-RI), dan dilanjutkan ke Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK-RI), pada Selasa (19/07/2022).

Pada kunker ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR, kedatangan Bupati FDW dan Wabup PYR disambut hangat oleh Kasubdit Wilayah III Direktorat Rumah Khusus Ditjen Perumahan, Prakarsa Yoga, ST., MT.

Dalam pertemuan itu, Bupati FDW dan Prakarsa Yoga membahas tentang kondisi terkini pasca bencana alam di Amurang. 

Selain itu, dibahas pula mengenai rencana pembangunan Rumah Khusus (Rusus) bagi para pengungsi yang terdampak bencana alam Pantai Amurang.

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th saat kunjungan kerja di Kementerian PUPR dan Kemenko PMK-RI. (Foto: Ist)

Pembangunan Rusus tipe 36 dengan konsep ramah lingkungan tersebut, nantinya akan dibangun oleh pihak Kementerian PUPR, di atas lahan relokasi seluas 5 hektar yang dihibahkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Octavianus Estefanus Kandouw.

Pada kesempatan itu, Kasubdit Wilayah III Direktorat Rumah Khusus Ditjen Perumahan, Prakarsa Yoga menyatakan kesiapan pihaknya untuk membangun Rusus di areal relokasi tersebut.

"Usai kunker di Kementerian PUPR, Bupati FDW dan Wabup PYR bersama sejumlah pejabat teras Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel melanjutkan kunker ke Kemenko PMK-RI," ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Minsel Royke Mandey, SH kepada wartawan. 

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th saat kunjungan kerja di Kementerian PUPR dan Kemenko PMK-RI. (Foto: Ist)

Setibanya di Kantor Kemenko PMK-RI, kedatangan FDW-PYR bersama rombongan diterima oleh Asisten Deputi Kedaruratan dan Manajemen Pasca Bencana pada Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana (Deputi II), Nelwan Harahap.

Pada kunjungan kali ini, Bupati FDW menyerahkan proposal permohonan pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial hunian baru korban bencana alam di Kabupaten Minsel (Pantai Amurang).

"Proposal yang diajukan oleh Bupati Minsel, terkait permohonan pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial hunian baru bagi korban bencana alam," jelas Mandey.

Bupati dan Wakil Bupati Minsel gencar melobi pemerintah pusat demi mendapatkan bantuan bagi korban bencana alam Pantai Amurang. (Foto: Ist)

Dalam kunker tersebut, Bupati FDW dan Wabup PYR turut didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Frangky T. Tangkere, SP., M.Si, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Minsel Royke Ronald Durand ST., MT, dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Minsel Franky Y. Mamangkey, S.IP. (Simon)