Walhi Sulut Apresiasi Langkah Gubernur OD Terkait Penanganan Masalah WPR - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Walhi Sulut Apresiasi Langkah Gubernur OD Terkait Penanganan Masalah WPR

Salah satu wilayah pertambangan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Foto: ANTARA)

Sulut24.com, MANADO - Direktur Eksekutif Walhi Sulut Theo Runtuwene memberikan apresiasi kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey terkait usulan tiga Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) baru ke Kementerian Energi Sumber Daya Minerba (ESDM).

"Walhi Sulut mengapresiasi langkah cerdas Gubernur Sulawesi Utara karena mampu melihat permasalahan sampai ke akar rumput," ucapnya saat dihubungi media ini Sabtu (9/7/2022). 

Direktur Walhi Sulut pun mengingatkan agar  pemerintah mensosialisasikan regulasi yang berlaku kepada masyarakat pemegang izin tambang.

"Masukan kami apabila ini disetujui oleh Menteri ESDM, tatakelolanya harus diatur dan regulasinya juga harus disosialisasikan ke masyarakat yang mendapat izin bertambang," tutur Runtuwene.

Menurutnya hal yang paling penting adalah aturan terkait tenaga kerja, waktu kerja, titik penggalian serta pengolahan limbah dan kesehatan. 

"Paling utama pengaturan tenaga kerja, waktu kerja, titik-titik penggalian lubang tambang, limbah dan kesehatan masyarakat," tandasnya.

Diketahui ketiga WPR baru yang diusulkan oleh Gubernur Sulawesi Utara terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Bolaang Mongndow yang terletak di Monsi dan Tanoyan serta Kabupaten Minahasa Utara yang terletak di Tatelu Rondor. (fn)