Cium Bendera Merah Putih, 30 Paskibraka Minut Siap Naikan Tugas dan Tanggung Jawabnya - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Cium Bendera Merah Putih, 30 Paskibraka Minut Siap Naikan Tugas dan Tanggung Jawabnya

Anggota Pakibraka Minut saat mencium Bendera Merah Putih (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE., MAP. Mengukuhkan 30 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2022, yang berlangsung di Pendopo Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) pada Senin, 15 Agustus 2022 yang diwarnai rasa bangga dan haru.

Diawali dengan pembukaan dan pembacaaan Naskah Pengukuhan oleh Bupati Minut Joune Ganda, dilanjutkan dengan Pengucapan Ikrar Putra Indonesia oleh Bupati yang diikuti para Paskibraka, serta mencium Bendera Merah Putih sebagai wujud Dharma Bhakti anggota Paskibraka Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2022 pada Ibu Pertiwi.

"Selamat bertugas kepada Paskibraka Kabupaten Minahasa Utara 2022, fokus dan berkonsentrasi pada saat puncak pelaksanaan tugas sebagai Paskibraka pada peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus 2022 nanti," ujar Bupati Joune Ganda.

Menurut Bupati Joune Ganda proses yang sudah mereka lewati cukup panjang mulai dari pembinaan fisik, pembinaan mental dan pembinaan spiritual, sehingga mereka mampu melaksanakan tugas yang baik, dengan penuh tanggung jawab, menghargai para jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan bagi Negara Republik Indonesia.

"Saya juga berpesan, banyak tugas tambahan, yang terutama, harus menjadi contoh bagi masyarakat, karena Paskibraka sudah digembleng, pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan bagaimana menerapkan nilai-nilai Pancasila saat berada di tengah-tengah masyarakat dan boleh menjadi contoh ditengah-tengah masyarakat," ujar Bupati Joune Ganda.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maximilian Tapada menjelaskan Paskibra ini merupakan pilihan dan utusan SMA/SMK yang ada di Minut.

Tim turun ke sekolah-sekolah SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, yang tercover 147.Kemudian dilakukan tahapan-tahapan seleksi sampai pada seleksi akhir tinggal 30 orang.

"Paskibraka Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2022 merupakan pelajar pilihan dari masing-masing sekolah. Dengan tinggi rata-rata 172 cm," ujarnya.

Bupati Minut Joune Ganda saat memimpin pengukuhan Paskibraka Minut (Foto: Ist) 

Dikatakan Tapada dengan doa dan latihan bersama TNI dan Polri akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka dalam pengibaran bendera 17 Agustus 2022 besok.

"Terima kasih kepada tim pelatih, pembimbing, TNI/Polri, panitia pendamping dan semua pihak atas dedikasi dan pengorbanannya membantu Tim Paskibraka Kabupaten Minahasa Utara tahun 2022 hingga menjadi Tim yang solid dan siap melaksanakan tugas maksimal dalam Upacara peringatan HUT RI ke -77 Tahun 2022," tuturnya. 

Ikut hadir dalam pengukuhan Paskibraka Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2022 ini, Sekda Rivino Dondokambey, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maximilian Tapada berserta Kepala-Kepala OPD lainnya dan Orangtua dari Paskibraka. (Joyke)