Dibuka Camat Likbar Maykel Parengkuan, Pemdes Tambun Gelar Pelatihan Perangkat Desa dan Bumdes - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Dibuka Camat Likbar Maykel Parengkuan, Pemdes Tambun Gelar Pelatihan Perangkat Desa dan Bumdes

Pembukaan Pelatihan Kapasitas Perangkat Desa dan Bumdes (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa dan Pelatihan Bumdes Desa Tambun dilaksanakan sehari penuh di Balai Desa Tambun Kecamatan Likupang Barat Sabtu (17/9/2022).

Kegiatan peningkatan kapasitas perangkat dan pelatihan Bumdes desa Tambun ini dihadiri langsung Camat Likupang Barat Maykel Mario Parengkuan STTP sekaligus membuka kegiatan pelatihan ini.

Dalam sambutannya Camat Likupang Barat Melky Mario Parengkuan STTP mengatakan perlunya peningkatan kapasitas sebagai perangkat desa demi memperkuat wawasan dan memantapkan penyelenggaraan Pemerintahan Desa, serta pembangunan Desa pada khususnya Desa Tambun, agar sasaran Pembangunan lebih terarah, pengelolaan dana desa yang saat ini menjadi tanggung jawab desa akan berdampak positif terhadap pembangunan desa.

Dengan pelatihan diharapkan PemDes dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung penyelenggaraan pemerintahan Desa. Termasuk kemampuan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi aparatur Pemerintah Desa dengan mengacu pada Dasar-dasar Hukum atau Undang-undang yang ada.

Camat Likupang Barat Maykel Mario Parengkua STTP Didampingi Penjabat Hukum Tua Desa Tambun Nelwan Tumondo Membuka Secara Resmi Kegiatan Pelatihan (Foto: Ist)

Pada kesempatan tersebut Camat Maykel M. Parengkuan STTP mengajak semua perangkat desa untuk melaksanakan tugasnya sebagaimana tupoksinya. Selain itu juga Camat Parengkuan mengingatkan kepada Perangkat Desa untuk menunjukan sikap loyalitasnya kepada Penjabat Hukum Tua.

Menurut Parengkuan sesuai dengan regulasi atau aturan yang ada dimana Penjabat Hukum Tua memiliki kewenangan penuh untuk mengganti perangkat desa. 

"Jadikan jabatan ini adalah berkat yang perlu kita syukuri bersama. dan jangan jadikan jabatan ini pemberian dari nenek moyang kita yang tidak bisa diganti.Itu pemahaman yang keliru," ucapnya.

Adapun Narasumber yang didatangkan untuk memberikan materi kepada para peserta diantaranya Kepala Seksi Perencanaan Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Minahasa Utara Rolly Manopo SE dan Tenaga Ahli Kabupaten Minahasa Utara Devie Rondonuwu dengan moderator Kepala Seksi Anilisis Kebijakan Dinas Sosial dan PMD Gerda Moukar SE.

Pelatihan Bumdes Desa Tambun (Foto: Ist)

Sedangkan kegiatan pelatihan Bumdes menghadirkan narasumber Rosita Dumanauw SE Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Minahasa Utara dengan moderator Kepala Seksi Usaha Masyarakat Dinas Sosial dan PMD Inggrid Longdong.

Sementara itu kegiatan pelatihan ini dihadiri Kepala Seksi, Kepala Urusan, Kepala Lingkungan dan Pengurus Bumdes Desa Tambun. 

Turut Hadir juga Sekcam Likupang Barat Liana Papia SE, Kepala Seksi Penataan Desa Tormy Malangi SH,Penjabat Hukum Tua Nelwan Tumondo, Sekdes Silvia Punuh, Pendamping Desa dan Pegawai Dinas Sosial dan PMD Harry Manopo. (Joyke)