Elia Sumlang Sebut Tudingan Dirinya Tidak Netral Dalam Pilhut Adalah Fitnah - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Elia Sumlang Sebut Tudingan Dirinya Tidak Netral Dalam Pilhut Adalah Fitnah

Hukum Tua Elia Sumlang bersama para Calon Hukum Tua (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Hukum Tua Desa Tanggari Elia Sumlang membantah keras atas tudingan miring bahwa dirinya tidak netral dan mendukung salah satu calon Hukum Tua.

Menurutnya informasi tersebut tidak benar dan terkesan fitnah. Dia menjelaskan awalnya dirinya berkunjung kekantor kejaksaan karena ada panggilan. Kemudian setelah kantor kejaksaan dirinya berkunjung ke Dinas Sosial dan PMD dan disitulah dirinya bertemu dengan 4 calon Hukum Tua Desa Tanggari.

"Jadi saya bertemu dengan 4 calon Hukum Tua di Kantor Dinas Sosial dan PMD dan bukan saya yang memanggil atau membawah 4 Calon ini. Dan 4 calon hukum tua ini diterimah langsung oleh Pak Kabid Ronny Manajang," ujarnya, Selasa (13/9/2022).

Menurutnya dari penjelasan Kabid Pemdes Ronny Manajang yang juga Wakil Ketua Panitia Pemilihan Hukum Tua tingkat Daerah bahwa tidak benar ada bantuan UMKM seperti itu dan ASN harus tetap bersikap netral walaupun ayah atau saudaranya calon hukum tua.

Sementara itu Hukum Tua Elia Sumlang juga menjelaskan bahwa dirinya juga sudah berkonsultasi dengan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Edwin Ombuh terkait informasi bantuan yang dijanjikan ASN anak Calon Hukum Tua tersebut tidak benar.

"Memang ada bantuan UMKM tapi jumlahnya tidak seperti itu dan hal itu hanya berlaku tahun 2020 yang lalu sebesar Rp. 2.400.000. jadi informasi mendapatkan bantuan UMKM ditahun 2022 dengan jumlah uang yang diterimah seperti itu hoax," tuturnya.

Hukum Tua Elia Sumlang menjelaskan dari pertemuan inilah maka Kabid Ronny Manajang memintah Hukum Tua agar mengumumkan bahwa janji informasi atau janji mendapatkan bantuan UMKM itu Hoax.

"Jadi saya mengumumkan pemberitahuan itu atas perintah atasan saya dari Pak Kabid agar masyarakat tidak percaya dengan janji atau informasi hoax tersebut," ungkapnya.

Sementara itu terkait tudingan miring bahwa dirinya mendukung salah satu calon dengan adanya bukti foto dirinya bersama calon hukum tua dengan mengangkat jari.

Menurutnya sebagai penjabat Hukum Tua, dirinya siap berfoto dengan siapa saja.

”Siapa saja yang mau berfoto saya siap, karena saya milik dari semua masyarakat dan para calon,” tegasnya 

Hukum Tua Elia Sumlang mengajak semua masyarakat Desa Tanggari untuk tetap menjaga persaudaraan dan tidak cepat percaya dengan informasi yang berbauh hoax apalagi provokatif. (Joyke)