Pilhut Minut Serentak 27 September, 181 Calon Hukum Tua Lakukan Deklarasi Damai - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pilhut Minut Serentak 27 September, 181 Calon Hukum Tua Lakukan Deklarasi Damai

 Para Calon Hukum Tua di Hadapan Bupati Joune Ganda SE.  MAP dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH. MH Menandatangani Berita Acara Deklarasi Damai (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar Deklarasi Damai Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) Senin (12/9/2022) di Pendopo Kantor Bupati.

Hadir Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda SE. MAP dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH. MH.

Deklarasi Damai diikuti oleh 181 Calon Hukum Tua di 44 Desa yang akan maju dalam pemilihan nanti, yang tersebar di 10 Kecamatan.

Hadir juga unsur Forkopimda Kabupaten Minahasa, yakni Kapolres Minahasa Utara AKBP Bambang Yudi Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minut Yohanes Priyadi SH. MH, Dandim 1310/ Bitung-Minut Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han, Sekda Minut Revino Dondokambey dan sejumlah pejabat teras Pemkab Minut lainnya.

Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda SE. MAP mengajak seluruh Calon Hukum Tua untuk bersama-sama berkomitmen mewujudkan Pemilihan Hukum Tua yang aman dan damai.

"Proses demokrasi di Minahasa Utara sudah turun temurun, oleh karena itu mari bersama-sama kita berkomitmen untuk menjaga kebersamaan demi suksesnya pelaksanaan Pilhut di Kabupaten Minahasa Utara," ujar Bupati Joune Ganda.

Bupati Joune Ganda menjelaskan proses pemilihan kepala desa, merupakan salah satu bagian penting dalam tatanan penyelenggaraan pemerintahan di desa, sehingga diperlukan pengaturan yang cermat, komprehensif dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Pesta demokrasi di tingkat paling bawah atau di desa, justru lebih dinamis dengan tingkat kerawanan yang cukup tinggi, lebih dinamis dari pada pilkada, dan banyak mengundang konflik sosial. Sehingga hal ini, butuh pembinaan dan perhatian, demokrasi di desa tetap berkualitas,” ujar Joune Ganda.

Bupati Joune Ganda SE. MAP dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung Memukul Tetengkoren Dalam Deklarasi Damai (Foto: Ist)

Lanjut Joune, deklarasi damai ini adalah niat untuk berkomitmen menciptakan suasana aman, damai dan demokratis di Minahasa Utara.

“Mari bergandengan tangan bersatu dalam keberagaman saling menginspirasi, bersama meraih keberhasilan, saling mendukung bekerja sama dalam berkarya untuk Minahasa Utara hebat melalui perubahan untuk kemajuan dan kesejahteraan berlandaskan gotong royong,” pesannya. (Joyke)