FDW Pimpin Apel Serpas Pilhut 2022, Polres Minsel Geser 634 Personel Pam TPS - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

FDW Pimpin Apel Serpas Pilhut 2022, Polres Minsel Geser 634 Personel Pam TPS

Bupati FDW foto bareng Forkopimda Minsel dan pimpinan OPD usai apel serpas personel Pam TPS Pilhut. (Foto: Humas Polres Minsel)

Sulut24.com, MINSEL - Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) personel Pengamanan (Pam) Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) serentak di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tahun 2022 dilaksanakan di halaman utama Kantor Bupati Minsel, Senin (10/10/2022) pagi.

Total pelibatan perkuatan Pam TPS Pilhut serentak di Kabupaten Minsel ini mencapai 634 personel gabungan dan didukung sarana prasarana taktis maupun teknis yang ada.

Bertindak selaku pimpinan apel Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH, didampingi perwira apel Kabag Ops Polres Minsel Kompol Rahmad Lantemona dan komandan apel AKP Ferly Mengko, S.Sos.

Peserta apel terdiri dari gabungan personel TNI dari Kodim 1302 Minahasa yang diwakili unsur Koramil 1302-14/Amurang, Polres Minsel, Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel, Dinas Perhubungan (Dishub) Minsel, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Minsel, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Minsel, personil Pos SAR Amurang, dan unsur Perlindungan Masyarakat (Linmas) dengan menggelar kendaraan dinas taktis dari masing-masing instansi.

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH dalam sambutannya mengatakan, apel ini merupakan salah satu wujud pengawasan dan pengecekkan kesiapan seluruh unsur yang akan dilibatkan dalam pengamanan Pilhut serentak.

Saat ini, lanjutnya, kita sedang berada pada tahapan masa tenang sebagaimana jadwal tahapan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Minsel Nomor 10 Tahun 2022. 

Bupati FDW bersama Forkopimda Minsel sedang mengecek kesiapan personel dan sarana pendukung Pam Pilhut. (Foto: Humas Polres Minsel)

"Dan tanggal 12 Oktober 2022 nanti adalah puncak dari pelaksanaan Pilhut, yakni tahapan pemungutan suara yang akan digelar di 42 desa yang tersebar di 14 kecamatan," kata pejabat publik yang akrab disapa FDW ini.

Menurutnya, berdasarkan pemetaan awal kerawanan dan hasil analisa evaluasi terhadap perkembangan situasi kegiatan pemilihan hukum tua serentak tahun 2022, telah disusun jumlah pola klasifikasi kerawanan TPS dengan rincian 15 TPS klasifikasi kurang rawan, 62 TPS klasifikasi rawan, dan 17 TPS klasifikasi sangat rawan. 

"Karena itu, kenali wilayah tugas dengan cepat dan laksanakan tanggung jawab sebaik-baiknya dengan mengedepankan profesionalitas dan proporsionalitas serta senantiasa bersikap tegas dan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas," pinta Bupati FDW.

Mantan anggota DPRD Provinsi Sulut ini juga meminta personel Pam TPS melakukan mitigasi risiko terhadap berbagai potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi. 

Ia juga meminta kita semua mengedepankan musyawarah mufakat dan tindakan yang persuasif dalam menyelesaikan berbagai masalah teknis yang terjadi di lapangan, sesuai ketentuan yang berlaku. 

Kemudian, hindari sikap dan tindakan yang tidak simpatik dan arogan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta memegang teguh komitmen netralitas agar kita dapat berdiri di atas semua golongan tanpa memihak. 

"Lakukan koordinasi dan kerjasama dengan seluruh pihak terkait, linmas dan unsur lain yang terkait dengan penyelenggaraan pemilihan," imbaunya.

Di akhir sambutannya, Bupati FDW mengungkapkan bahwa Kabupaten Minsel hingga kini masih ditetapkan dalam kriteria Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 sesuai Instruksi Mendagri Nomor 46 Tahun 2022.

"Namun demikian, kita tetap harus mematuhi dan saling mengingatkan tentang pelaksanaan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, dengan menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya. 

Hadir dalam apel serpas ini jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yakni Kapolres Minsel AKBP Cornelius Bambang Harleyanto, SIK, Komandan Kodim (Dandim) 1302 Minahasa Letnan Kolonel ( Letkol ) Inf. Ircham Effendy, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minsel Budi Hartono, SH, M.Hum, dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Amurang Ariyas Dedy, SH.

Apel Serpas Pilhut 2022 ini diikuti ratusan personel gabungan. (Foto: Humas Polres Minsel)

Hadir pula para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, pejabat utama Polres Minsel dan para Kapolsek jajaran Polres Minsel.

Apel Serpas Pam TPS dilanjutkan dengan penyerahan satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Minsel, dan 17 unit motor listrik bagi para penyuluh Keluarga Berencana (KB). 

Apel lalu diakhiri dengan menggelar patroli 'Show of Force' yang melibatkan personel gabungan TNI/Polri, Sat Pol PP, Dinkes, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Minsel, Pos SAR Amurang serta instansi terkait lainnya dengan rute melintasi Jalan Trans Sulawesi Amurang-Tumpaan. (Simon)