MPF 2022 Berlangsung Meriah, Peserta Karnaval Kendaraan Hias Bagikan Rempah dan Sayuran Gratis - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

MPF 2022 Berlangsung Meriah, Peserta Karnaval Kendaraan Hias Bagikan Rempah dan Sayuran Gratis


Sulut24.com, MINSEL – Hajatan Modoinding Potato Festival (MPF) Tahun 2022 yang berlangsung selama tiga hari, 20 hingga 22 Oktober 2022, di Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), berlangsung sukses dan meriah.

Ribuan pengunjung dari luar Kecamatan Modoinding, berbondong-bondong datang ke Desa Pinasungkulan, hanya demi menyaksikan iven ini.

Selain menonton, mereka juga datang untuk mendapatkan rempah-rempah dan sayuran berupa kentang, tomat, wortel, labu kuning, sawi putih, daun bawang, dan tanaman hortikultura lainnya yang dibagikan secara gratis oleh peserta karnaval kendaraan hias.

Kegiatan puncak MPF berlangsung Sabtu (22/10/2022), di Desa Pinasungkulan, diawali dengan ibadah syukur yang dipimpin oleh Wakil Ketua Bidang Ajaran dan Tata Gereja BPMS GMIM, Pdt. DR. Djoli Sondakh.

Ibadah syukur ini dihadiri Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH, bersama Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th, dan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Minsel Stefanus D. N Lumowa, SE.

Turut hadir Frankie Hitipeuw, S.Pd dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kapolres Minsel AKBP Cornelius Bambang Harleyanto, S.IK, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minsel Budi Hartono, SH, M.Hum, dan Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa yang diwakili oleh Pelda Suko Lelono.

Tampak pula Ketua TP-PKK Minsel Elsje Rosje Wongkar-Sumual yang juga anggota DPRD Minsel, Camat Modoinding Patrio Merdeka Tandaju, SE, Kapolsek Modoinding, Danramil 19/Modoinding serta tokoh masyarakat dan pimpinan agama setempat. 

Usai mengikuti ibadah syukur, Bupati Franky Wongkar bersama Wabup Petra Rembang dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Minsel menyaksikan pula karnaval kendaraan hias yang memajang berbagai jenis rempah dan sayuran.  

Kegiatan ini diikuti puluhan kendaran hias milik petani setempat, dan juga instansi terkait di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel.   

Inilah momen yang dinantikan oleh ribuan pengunjung yang datang dari luar wilayah Modoinding. 

Rampasan sayur pun tidak terelakkan lagi, saat rombongan kendaraan hias tiba di lokasi kegiatan, usai mengelilingi sejumlah desa yang ada di Kecamatan Modoinding. 

Momen bagi-bagi rempah dan sayuran kepada  pengunjung/penonton ini, dikenal dengan nama ‘Modoinding Membagi Berkat’. 

Untuk memarakkan hajatan bernuansa religius tersebut, pihak panitia pelaksana yang dipimpin oleh anggota DPRD Minsel yang juga Penatua Pria/Kaum Bapa Jemaat GMIM ‘Sion’ Pinasungkulan, Jones Kaseger, SE, menggelar pula serangkaian kegiatan menarik lainnya.

Antara lain demo produk pertanian dan demo kuliner, pameran kuliner/UMKM, informasi wisata, serta lomba vokal grup dan tari kreasi. 

Selain itu, digelar juga kegiatan pendukung lainnya yakni games, doorprize, dan live music. 

Michael dan Iwan, keduanya pengunjung dari luar Modoinding, mengaku datang menyaksikan MPF karena ingin mendapatkan rempah-rempah dan sayuran secara gratis.

Meskipun mereka harus rela berdesakan dan saling rebutan dengan pengunjung lainnya.

“Kapan lagi bisa dapat rempah-rempah dan sayuran secara gratis. Lumayan untuk bekal makan selama beberapa hari ke depan,” tutur Michael dan Iwan sembari mengembangkan senyum. 

Selain menghadiri dan membuka hajatan MPF, pada hari yang sama Bupati Franky Wongkar bersama Wabup Petra Rembang dan Plt. Ketua DPRD Minsel Stefanus Lumowa juga menghadiri kegiatan panen kentang hasil program Upland di Kecamatan Modoinding.

Panen kentang dilakukan di areal kebun yang dikelola oleh Kelompok Tani P/KB GMIM ‘Sion’ Pinasungkulan. (Simon)