Pastikan Pelayanan Publik Sesuai Asas Kepatuhan, Ombudsman Sulut Tinjau Polres Minsel - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pastikan Pelayanan Publik Sesuai Asas Kepatuhan, Ombudsman Sulut Tinjau Polres Minsel

Tim Ombudsman RI perwakilan Sulut foto bareng Kapolres dan para Pejabat Utama Polres Minsel. (Foto: Humas Polres Minsel)

Sulut24.com, MINSEL - Tim Ombudsman Republik Indonesia (RI) perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengadakan kunjungan kerja di Markas Komando (Mako) Polres Minahasa Selatan (Minsel), Selasa (18/10/2022) siang.

Kunjungan dilakukan dalam rangka pemeriksaan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Polres Minsel.

Tiba di Mako Polres Minsel, tim Ombudsman diterima langsung Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, SIK dan para pejabat utama.

Tim terdiri atas Kepala Perwakilan Ombusdman Provinsi Sulut Melanie Rimpar, SH, MH, Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Stenli Kalengkian, SH, MH, dan Asisten Pratama Ombudsman Provinsi Sulut Vergina Bawoleh, SE.

Maksud dan tujuan pemeriksaan adalah untuk memastikan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan Polres Minsel telah sesuai dengan asas kepatuhan yang diatur dalam Undang-Undang (UU) dalam rangka menunjang Program Prioritas Nasional.

Sasaran pemeriksaan terorientasi pada enam aspek yakni kebijakan pelayananan, profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM), sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi, yang dilaksanakan pada pelayanan Surat Ijin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Kunjungan Tim Ombudsman dalam rangka pemeriksaan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Polres Minsel. (Foto: Humas Polres Minsel)

Usai menerima paparan singkat dari Kapolres Minsel, tim Ombudsman melakukan pemeriksaan dengan metode wawancara kepada Kepala Satuan Intelijen (Kasat Intel), Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas), Kepala Seksi Pengawasan (Kasiwas) dan operator, dilanjutkan dengan pemeriksaan dokumen dan dokumentasi/foto di ruang Pelayanan Publik (Yanlik).

Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, S.IK menegaskan, Polres Minsel tetap konsisten pada komitmen peningkatan pelayanan publik yang berkualitas, berintegritas, profesional, cepat, mudah, humanis dan akuntabel.

"Hal ini dilakukan guna mewujudkan kepuasan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri, khususnya jajaran Polres Minsel," tegas Kapolres Minsel usai melepas tim Ombudsman kembali melanjutkan agendanya. (Simon)