Dibuka Kadis Femmy Pangkarego, Dispar dan Kebudayaan Minut Gelar Sosialisasi dan Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Dibuka Kadis Femmy Pangkarego, Dispar dan Kebudayaan Minut Gelar Sosialisasi dan Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Minut Dr. Femmy Pangkarego saat membuka Kegiatan Sosialisasi dan Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara lewat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, bersama para stakeholder terkait sedang menyusun pokok pikiran kebudayaan daerah sebagai amanat dari UU No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

"Penyusunan pokok pikiran kebudayaan daerah penting karena mengikuti amanat undang-undang. Selain itu, untuk mengetahui pembangunan jangka panjang dan menengah serta untuk kesinambungan kebudayaan ke depan," kata Kepala Bidang Budaya Dispar Minut Drs. Gerard Katili.

Katili mengatakan bahwa ada sejumlah hal penting yang perlu diketahui saat menyusun pokok pikiran kebudayaan daerah yakni adanya kesamaan frame bahwa kebudayaan merupakan sumber kekuatan, sumber persatuan, dan sumber energi bangsa serta nafas di seluruh bidang pembangunan.

"Kebudayaan merupakan investasi.Dulu jika bicara kebudayaan dari sisi penganggaran, selalu jauh di belakang karena kita tidak punya dokumen soal kebudayaan. Oleh karena itu kita perlu menyusun pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah," katanya.

Sementara itu Sosialisasi Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja, Rabu (2/11/2022) dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Dr. Femmy Pangkarego MPd. MEd.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri sekitar 150 peserta yang merupakan pelaku seni, budayawan, sanggar seni, tokoh masyarakat dan kasi pemberdayaan masyarakat pada kecamatan se-Kabupaten Minut. 

Dalam sambutannya, Pangkerego menyebut dengan adanya kegiatan ini diharapkan  pokok pikiran kebudayaan daerah Kabupaten Minut dapat diketahui oleh masyarakat sebagai identitas budaya daerah, sebagai dasar menyusun strategi kebudayaan dan rencana induk pemajuan kebudayaan.

“Saya mewakili Bapak Bupati Minut Joune Ganda ingin menyampaikan bahwa beliau sangat mengapresiasi acara ini, harapan pemerintah dengan adanya diskusi ini lahir suatu pokok-pokok pikiran dalam memajukan kebudayaan Kabupaten Minut yang lebih baik lagi ke depannya.” tutur Pangkarego. (Joyke)