Meriahkan HGN 2022, Disdikbud Minsel Gelar Lomba GTK Berprestasi, Pidato Bahasa Daerah dan Asing - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Meriahkan HGN 2022, Disdikbud Minsel Gelar Lomba GTK Berprestasi, Pidato Bahasa Daerah dan Asing

Menjelang puncak peringatan HGN 2022, Disdikbud Minsel menggelar lomba GTK Berprestasi, serta lomba Pidato Bahasa Daerah dan Asing. (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Memeriahkan momen Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Minsel menggelar serangkaian lomba unjuk prestasi.

Peserta lomba adalah para pelaku dunia pendidikan. Terutama kalangan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), mulai dari pengawas, kepala sekolah (kepsek), guru hingga peserta didik dari berbagai jenjang.

Menjelang puncak peringatan HGN yang jatuh pada tanggal 25 November 2022, Disdikbud Minsel melalui panitia pelaksana menyelenggarakan lomba guru berprestasi jenjang PAUD, TK, SD dan SMP.

Kemudian, lomba pengawas dan kepsek berprestasi jenjang SD dan SMP. Selain itu, digelar pula lomba siswa berprestasi. 

Tahapan seleksi telah dimulai sejak 15 November lalu, diawali dengan tes akademik yang dipusatkan di empat titik lokasi yakni SMPN 1 Tompasobaru, SMPN 1 Motoling, SMPN 4 Amurang Barat, dan SMPN 1 Tumpaan.

"Tes akademik ini diikuti 400 lebih GTK yang terdiri dari kepsek, guru, dan pengawas TK, SD dan SMP." ungkap Kepala Disdikbud Minsel Arthur Donald Tumipa, M.Ed, didampingi Kepala Bidang (Kabid) GTK Jefri V. Umboh, M.Pd, dan Kabid Pendidikan Dasar Meiky D. Sumual, ST, M.A.P kepada wartawan, Jumat (18/11/2022).

Usai mengikuti tes akademik, dilanjutkan dengan pengiriman video mengajar GTK dan video ucapan selamat HGN 2022 bagi siswa, hingga batas waktu pengiriman tanggal 20 November 2022. 

20 besar dari setiap kategori lomba tersebut nantinya akan menginap di Hotel Sutanraja Amurang mulai tanggal 21 hingga 22 November dan akan disaring lagi untuk mencari 10 besar.

"Pada tanggal 22 November akan digelar pula final lomba pidato bahasa daerah dan bahasa asing yakni bahasa Inggris dan Mandarin. Peserta lomba ini khusus siswa," tambah Kabid Kebudayaan James Mawikere, SE, M.Si dan Kabid PAUD/NI Nova Siwu, S.Pd, M.A.P. 

Pada puncak perayaan HGN tanggal 25 November 2022 nanti, para pemenang dari masing-masing kategori lomba akan diundang untuk mengikuti seminar dan sosialisasi pendidikan anti korupsi, yang akan dilaksanakan di Aula Waleta Kantor Bupati. 

"Pada kesempatan tersebut, Bupati Minsel akan menganugerahi penghargaan/apresiasi kepada para pemenang masing-masing kategori lomba," imbuh Kadis Tumipa. 

Magister jebolan University of Newcastle England Angkatan 2004 ini menambahkan, Bupati Minsel juga akan melakukan pencanangan muatan lokal dalam kurikulum sekolah berupa pengembangan bahasa daerah dan bahasa asing.

"Selain itu, Bupati Minsel juga akan memberikan penghargaan kepada para Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 4 dan Angkatan 7 beserta 6 Pengajar Praktik yang bertugas di Kabupaten Minsel," pungkas mantan Kabid Pembinaan SMA pada Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Provinsi Sulawesi Utara ini. (Simon)