PT. PLN UP3 Tahuna Jamin Ketersediaan Pasokan Listrik, Sahadagi: Kami Tetap Berikan Layanan Terbaik - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

PT. PLN UP3 Tahuna Jamin Ketersediaan Pasokan Listrik, Sahadagi: Kami Tetap Berikan Layanan Terbaik

Asisten Manejer Keuangan dan Umum Edmund G. Sahadagi, ST  (Foto: Ist)

Sulut24.com, SANGIHE - Ketersediaan pasokan listrik di Sangihe selalu menjadi persoalan yang di pertanyakan warga jelang hari besar keagamaan. 

Seringnya terjadi padam aliran listrik dengan tiba-tiba menjadikan warga Sangihe meragukan kehandalan pembangkit listrik di wilayah pelayanan Perusahaan listrik negara (PLN) terutama menjelang Natal 25 Desember 2022 dan Tahun baru 1 Januari 2023.

Salah satu warga Tabukan Utara yang tak mau namanya di publikasikan menuturkan kalau selama masyarakat melihat pihak PLN rutin melaksanakan pembersihan jaringan di sekitar saluran udara tegangan menengah (SUTM), tapi tetap saja listrik sering padam di luar jadwal pemadaman. 

"Sering kami lihat pembersikan jaringan yang dilakukan PLN,tapi tetap listrik padam tak menentu dan di luar jadwal,walaupun cuaca baik," tuturnya.

Terpisah, Manejer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna, melalui Asisten Manejer Keuangan dan Umum Edmund G. Sahadagi, ST saat di temui di ruang kerjanya Jumat (18/11/2022) mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan penebangan pohon atau pembersihan di sekitar Saluran udara tegangan menengah(SUTM) guna meminimalisir terjadinya gangguan aliran listrik.

Dirinya juga berharap warga dapat memahami akan keadaan tersebut, karena tidak ada unsur kesengajaan dalam pelayanan atau pun sengaja melakukan pemadaman yang tak terjadwal. Selain itu menurutnya cuaca dan gangguan non teknis lainnya sering dapat terjadi kapan pun tanpa dapat di prediksi.

Sahadagi menuturkan terkait persiapan PLN jelang hari besar keagamaan natal dan tahun baru, pihaknya memastikan bahwa keseluruhan pembangkit listrik dalam kondisi baik. 

"Untuk persiapan jelang hari besar keagamaan natal dan tahun baru nanti, kami pun sudah melakukan pemeriksaan terhadap pembangkit listrik dan sistim SUTM di wilayah kami, dan kami jamin ketersediaan pasokan listrik," kata Sahadagi.

"Bila ada jadwal pemeliharaan yang memakan waktu lama, maka kami tangguhkan dulu hingga selesai moment penting ini," lanjutnya. 

Ia menegaskan bahwa pihaknya terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. 

"Kami tetap berupaya memberikan layanan terbaik bagi pelanggan PLN, bagi kami kepuasan pelanggan adalah yang utama, seringkali pemadaman terjadi tiba tiba dan di luar jadwal pemeliharanan sistem biasanya diakibatkan faktor non teknis," tandas Sahadagi.

Di ketahui beberapa pembangkit listrik tenaga Diesel(PLTD) dan satu Pembangkit litrik tenaga mikrohidro (PLTM)di sangihe daratan yang beroperasi sekarang antara lain, PLTD Tahuna, PLTD Petta, PLTD Tamako dan PLTD Lesabe serta PLTM Upel yang total dapat memasok daya listrik lebih dari 8000 MW. (Vickh)