Sulut Jadi Tuan Rumah, Bupati FDW Hadiri Hari Anak Sedunia 2022 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Sulut Jadi Tuan Rumah, Bupati FDW Hadiri Hari Anak Sedunia 2022

 


Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH (FDW) menghadiri Acara Puncak Hari Anak Sedunia (HAS) 2022 yang dilaksanakan di Pohon Kasih Kawasan Megamas Manado, Kota Manado, Minggu (20/11/2022). 

Kegiatan tersebut mengangkat tema utama “Building Digital Resilience for ASEAN Children”, dan dibagi ke dalam sub-sub tema terkait literasi digital, keamanan digital dan partisipasi anak serta resiliensi digital yang menjadi hasil pemikiran Forum Anak.

Hajatan HAS 2022 terasa sangat istimewa karena bersamaan dengan digelarnya Forum Anak ASEAN ke-7 yang dipusatkan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Acara Puncak HAS 2022 di Sulut, turut dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, SE., M.Si, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE bersama Ibu Ritha Dondokambey Tamuntuan, dan Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven O.E Kandouw bersama Ibu dr. Devy Kandouw Tanos, MARS.

Tampak hadir pula jajaran Forkopimda Sulut, sejumlah Kepala Daerah se-Sulut, pejabat teras di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut serta undangan.

Provinsi Sulut dipilih menjadi tuan rumah Perayaan HAS 2022 di Indonesia. 

Perhelatan akbar ini menghadirkan ratusan anak perwakilan dari semua provinsi di Indonesia dan anak-anak delegasi dari 8 negara di kawasan ASEAN.

Menteri PPPA Bintang Darmawati dalam sambutannya mengatakan, HAS 2022 merupakan momentum untuk menghargai partisipasi dan keterlibatan anak-anak dalam pembangunan bangsa.

“Salah satu hak dasar yang harus dipenuhi dan dilindungi oleh negara, serta menjadi salah satu prinsip dasar dalam perlindungan anak adalah menghargai pandangan anak atau partisipasi anak,” tandasnya.

Melalui penyelenggaraan ASEAN Children’s Forum 7th dan HAS 2022 ini, Bintang mengajak semua pihak untuk terus mempromosikan hak-hak anak dan mendorong anak-anak, baik dari negara ASEAN maupun dari seluruh Indonesia untuk saling menginspirasi dan saling berdialog.

Ia pun berharap, peringatan HAS 2022 dapat pula menjadi momentum untuk mempraktikkan berbagai tindakan nyata yang positif dan berkontribusi dalam menciptakan dunia yang lebih baik.

“Atas nama Pemerintah Indonesia, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Kota Manado dan Pemerintah Kota Tomohon, dan semua pihak yang telah terlibat aktif dalam penyelenggaraan kegiatan ini,” pungkas Bintang. (Simon)