Dihadiri 125 Hukum Tua, Bupati Joune Ganda Buka Bimtek SISKEUDes - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Dihadiri 125 Hukum Tua, Bupati Joune Ganda Buka Bimtek SISKEUDes

Bupati Minahasa Utara, Joune J. E GANDA SE. MAP, Ketua DPRD Minut Denny Kamlon Lolong S.Sos, Asisten I Pemkab Minut Umbase Mayuntu dan Kadis Sosial dan PMD Arnolus. D. Wolajan STTP, Para Camat, Hukum Tua, Sekdes, Kaur Keuangan dan BPD (Foto: Ist)

Sulut24.com MINUT- Bupati Minahasa Utara Joune. J.E. Ganda SE. MAP membuka secara resmi Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Penginputan Rencana Kerja Pemerintah (RKPDes), Rancangan Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) dan Rencana Kegiatan Desa (DPADes) Tahun Anggaran 2023, ke Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDes).

Bimtek tersebut dilaksanakan di Hotel Swiss-Belhotel Maleosan Manado. Jl. Jendral Sudirman Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara mulai Rabu (14/12/2022).

Bupati Minahasa Utara Joune J.E Ganda dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan agar para Hukum Tua mampu mengerti tentang pengelolaan keuangan desa.

"Apalagi Hukum Tua yang baru dilantik, penting mengikuti kegiatan seperti ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pengelolaan keuangan dan pembangunan di desa," ucap Bupati JG.

Bupati JG juga menekankan lebih jauh tentang bagaimana peran Perangkat Desa dan Kepala Desa agar pengelolaan keuangan desa berjalan sebagaimana mestinya, tepat sasaran, transparan, partisifatif dan akuntabel serta dilaksanakan secara tertib dan disiplin.

“Pesan saya agar Bimtek ini dapat diikuti dengan sungguh-sungguh dan pulang dari sini, ilmu yang didapatkan mampu diimplementasikan langsung dalam pengelolaan keuangan desa,” pintanya.

Selain itu juga beliau meminta agar para narasumber dapat memberikan materi sejelas-jelasnya tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip pengelolaan keuangan desa. Sehingga perangkat desa yakni Sekretaris Desa, Kaur Keuangan Desa dan Operator mendapatkan ilmu demi kemajuan di desa masing-masing.

Siskeudes ini dibangun dan dikembangkan atas kerjasama Kementerian Dalam Negeri dengan BPKP, sebagai alat bantu dalam pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan desa.

Pemkab Minut mengapresiasi setinggi-tingginya dan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada Dinas Sosial dan PMD Minut yang telah melaksanakan kegiatan bimtek ini dengan baik dan lancar.

Ketua DPRD Minahasa Utara Denny Kamlon Lolong menyatakan dukungan dari DPRD Kabupaten dalam sistem pemantapan pengelolaan keuangan, baik dari keuangan daerah maupun keuangan desa.

“Tentu ini hal yang sangat baik guna kebaikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan kehati-hatian para Hukum Tua dalam mengelola uang rakyat. Upaya-upaya seperti inilah yang harus selalu dilakukan dalam pembenahan Pemerintah yang bersih dan transparan," tegasnya.

Kepala Dinas Sosial dan PMD Minut Arnolus D Wolajan STTP mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dan dikuti 125 Hukum Tua se- Kabupaten Minahasa Utara

" Semua Hukum Tua wajib mengikuti kegiatan Bimtek ini. Dan pelaksanaannya dibagi dalam dua kloter. Kloter pertama mulai hari ini Rabu (14/12/2022) di ikuti 63 Hukum Tua dan sisanya Kloter kedua yang pelaksanaanya dimulai Senin (19/12/2022) pekan depan," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan Bimtek tersebut Ketua DPRD Minut Denny Kamlon Lolong S.Sos, Asisten I Pemkab Minut Umbase Mayuntu, para Camat, Hukum Tua, Sekdes, Kaur Keuangan Desa dan BPD. (Joyke)