Dihadiri Semua Bendahara OPD, BPKPD Minut Gelar Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Daerah - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Dihadiri Semua Bendahara OPD, BPKPD Minut Gelar Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Daerah

Asisten III Drs. Revino Dondokambey Didampingi Kaban Keuangan Carla Sigarlaki dan Kabid Christian Katuuk Buka Secara Resmi Kegiatan Sosialisasi (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Badan pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) menggelar kegiatan sosialisasi Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan Senin 19 Desember sampai 20 Desember 2022 yang bertempat di Hotel Sutan Raja, Jalan Raya Manado -Bitung, Watutumou, Kec. Kalawat. 

Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh Bupati Minahasa Joune J E Ganda SE MAP melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Revino Dondokambey.

Asisten III Pemkab Minut Drs. Revino Dondokambey Berikan Materi (Foto: Ist)

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPKPD Pemkab Minut Carla A. Sigarlaki dan Kabid Perbendaharaan di Badan Keuangan Pemkab Minut Christian Andries Katuuk serta seluruh Bendahara Pengeluaran di dimasing-masing OPD diwilayah Pemkab Minut.

Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda melalui Asisten III Drs. Revino Dondokambey mengatakan tujuan kegiatan sosialisasi ini yakni mewujudkan pengelola keuangan daerah yang profesional, akuntabel dan transparan untuk menuju Minut Hebat.

"Jadi semua Bendahara OPD harus hadir. Kegiatan ini penting dilakukan guna menambah wawasan atau kompetensi dari para Bendahara dimasing-masing OPD," ujar Dondokambey..

Kaban Keuangan dan Asset Daerah Pemkab Minut Carla Sigarlaki (Foto: Ist)

Kepala BPKPD Pemkab Minut Carla. A. Sigarlaki menjelaskan kegiatan sosialisasi ini dilakukan diantaranya untuk menyamakan persepsi tentang kebijakan umum pelaksanaan ABPD Tahun Anggaran 2022 dan juga sebagai persiapan mengakhiri tahun anggaran dan persiapan pemeriksaan BPK atas laporan keuangan tahun anggaran 2022.

Menurutnya untuk materi dalam kegiatan sosialisasi ini yakni sosialisasi langkah-langkah mengakhiri pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022, Pokok- pokok Pengelolaan Keuangan Daerah kemudian Materi Evaluasi Penyaluran Dana Transfer Tahun 2022 dan Sosialisasi Peraturan Perpajakkan.

Perwakilan BPKP saat memberikan materi (Foto: Ist)

Sementara itu untuk nara sumber atau pemberi materi yakni dari Tim Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Tim Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bitung, Tim Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bitung dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Minut.

"Dengan kegiatan sosialisasi ini sangat diharapkan bendahara dimasing-masing OPD dapat mampu memahami pelaksanaan keuangan daerah yang berbasis elektronik serta mampu  mengelolah keuangan di Lingkup Pemkab Minut," pinta Srikandi asal Minut ini. (Joyke)