Menuju Fase Gugur, Korea Berada Dipersimpangan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Menuju Fase Gugur, Korea Berada Dipersimpangan

Timnas Korea (Foto: via beinsports.com)

Sulut24.com, JAKARTA - Macan Asia, Korea berada dipersimpangan menuju fase gugur di 16 besar Piala Dunia Qatar.

Mengarungi laga terakhir babak penyisihan Grup H menghadapi Portugal Jumat Malam (2/12/2022), tidak ada pilihan bagi tim yang di juluki Ksatria Taegeuk, kecual harus memenangkan pertandingan ini.

Namun Kemenangan itu belum menjamin, Korea meraih satu tiket mendampingi Portugal yang sudah memastikan melaju ke 16 besar. Pasalnya Ghana yang lebih berpeluang, dan Ghana hanya butuh main imbang  melawan Uruguay di waktu bersamaan grup H.

Portugal sudah mengantongi nilai 6, sedang Ghana mengemas point 3 dan Uruguay, Korea masing masing baru punya modal di angka 1.

Tentu pertarungan antara Korea versus Portugal, Korea harus berkerja keras dan akan tampil mengerahkan seluruh kemampuan yang ada sementara Portugal menjaga tidak sampai kalah.  

Bila Korea meraih point penuh, dan Ghana, mengalahkan Uruguay,maka Ghana yang maju ke babak selanjutnya sedang  Korea  walaupun  menang atas Portugal, nasibnya tetap terhenti. 

Kalau Ghana hanya main imbang lawan Uruguay, maka Ghana yang mendampingi Portugal. Sebaliknya jika Uruguay menang dari Ghana, maka Uruguay yang lolos.

Korea yang di arsiteki pelatih asal Portugis, Paulo Bento memiliki segudang pemain pemain berpengalaman yang merumput dikompetisi berbagai negara, baik di Eropah, seperti Inggris, Jerman, Itali, Turki dan negara di Timur Tengah, selain pemain hasil kompetisi domestik.

Kiper, Kim Seung Gyu asal klub Al Shabab selalu dipercaya pelatih sebagai starter, lalu di lini tengah, ada Kapten, Song Heung Min (Tottenham Hotspur), Lee Jae- sung (Mainz), Hwang Hee chan (Wolverhampton), Hwang In beom (olympiacos), Jeong woo yeong (Freiburg), Lee Kang in (Real Mallorca). Untuk posisi pemain depan ada Hwang Ui jo (Olimpiacos).

Deretan nama-nama pemain yang ikut kompetisi diluar negeri tidak sekaligus diturunkan sang pelatih dalam setiap partai, kualitas pemain pemain domestik juga tak kalah dengan pemain-pemain yang menimba pengalaman di luar negeri.

Sektor pertahanan, dipercayakan kepada Kim jinsu, Kim Minjae, Kim Moon hwan, Kim Young gwon.

Tentu Portugal bakal menurunkan pemain yang belum pernah ditunkan selama ini. Sebagian besar pemain bintang diawal, kemungkinan tidak diturunkan, babak kedua pelatih baru menurunkan seperti mega bintang Ronaldo dan Fernandes. Mereka cuma menjaga tim supaya tidak kalah.

Sementara di Grup G, yang dipentaskan, Jumat subuh, antara Kamerun menghadapi Brasil dan Serbia versus Swiss.

Brasil sudah mengantongi satu tiket 16 besar, mengemas nilai 6. Satu tiket lagi lagi bakal digenggam Swiss yang lebih berpeluang memiliki nilai 3.  

Sementara Kamerun dan Serbia baru mengantongi  masing masing nilai 1. Maka Serbia harus mengalahkan Swiss jika bertekad mendampingi Brasil ke fase gugur 16 besar.

Korea, Uruguay, Kamerun dan Serbia, keempatnya bernasib sama, modal nilai 1 dan harus bekerja ekstra keras di partai penghujung penyisihan grup, yakni memenangkan pertandingan jika bermimpi merebut satu tiket, itupun nasibnya tergantung dari Brasil dan Portugal. (Eddy Lahengko)