Safari Natal di Minsel, Gubernur Olly Serahkan Sertifikat Tanah dan Bantuan Korban Bencana - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Safari Natal di Minsel, Gubernur Olly Serahkan Sertifikat Tanah dan Bantuan Korban Bencana

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE sedang membawakan sambutan. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut menggelar kegiatan Safari Natal di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Selasa (20/12/2022) sore.

Dalam hajatan religius tersebut, Gubernur Olly turut didampingi Sekretaris Provinsi Steve Hartke Andries Kepel, ST, M.Si dan sejumlah pejabat teras di lingkup Pemprov Sulut.

Safari Natal yang digelar di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel ini, dirangkaikan pula dengan Ibadah Natal Oikumene Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel dan penyerahan bantuan bagi anggota masyarakat lanjut usia (lansia) serta insentif bagi para tokoh agama.  

Ibadah menyambut Natal yang dipimpin Pdt. Fritje Durand, S.Th (Ny. Bunok) ini, dihadiri pula Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH didampingi Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th dan Sekretaris Daerah Glady Nova Lynda Kawatu, SH, M.Si beserta para pejabat teras Pemkab Minsel. 

Hadir pula jajaran Forkopimda Minsel, Ketua DPRD Minsel Stefanus D.N Lumowa, SE, Ketua TP-PKK Minsel Ny. Elsje Rosje Wongkar-Sumual didampingi Sekretaris Ny. Juliwati Rembang, serta para pejabat teras Pemkab Minsel.

Tampak hadir pula sejumlah staf khusus Bupati Minsel, para camat dan lurah/hukum tua, tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Penyerahan sertifikat tanah sebanyak 3.921 bidang. (Foto: Ist)

Di antaranya, Ketua FKUB Minsel Pdt. Stien Rondonuwu, M.Th, Ketua BKSAUA Minsel Pdt. Esther Esra Assa, M.Th, dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Minsel Hi. Ismail Muddin.

Dalam sambutannya Gubernur Olly mengatakan, momen perayaan Natal selalu membawa sukacita dan damai sejahtera, karena Yesus telah datang dan telah membebaskan umat manusia dari belenggu dosa.

Dikatakannya, perayaan Natal tahun 2022 mengandung makna yang sangat mendalam bagi umat Nasrani di daerah ini dan di seluruh penjuru dunia.

"Sebab, kita telah melewati banyak tantangan dan hambatan. Kita telah melewati masa pandemi Covid-19, dan di tahun 2023 mendatang kita juga akan menghadapi tantangan yang baru yakni krisis ekonomi global," tutur Gubernur Olly.

Ditambahkannya, tema Natal 2022 telah ditetapkan oleh Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) bersama Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) yakni  'Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain'. Tema ini dikutip dari kitab Injil Matius 2:12. 

Tema Natal 2022 ini, lanjut Gubernur Olly, sejalan dengan tema HUT RI ke-77. Dengan berjalan bersama, maka rakyat Indonesia akan mampu untuk 'pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat'. 

"Semangat kebhinekaan yang tertuang dalam tema Natal 2022 ini juga diharapkan dapat menjadi stimulus dalam membangun kembali kehidupan dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19 yang berdampak pada berbagai bidang," imbuh Ketua Majelis Pekerja Harian (MPH) PGI ini.

Di akhir sambutannya, mantan Ketua Komisi XI DPR-RI tersebut mengingatkan bahwa pemerintah harus hadir di tengah-tengah rakyat dan harus mampu pula membuat rakyat yang dipimpinnya sejahtera. 

"Selaku pemimpin di daerah ini, kita harus menjadi pemimpin yang benar-benar peduli dan berpihak kepada rakyat, agar rakyat yang kita pimpin dapat hidup sejahtera," pungkas mantan Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI ini.

Usai membawakan sambutan, Gubernur Olly didampingi Bupati dan Wabup Minsel serta Kepala Kantor Pertanahan Minsel, Deany W.J Keintjem, A.Ptnh menyerahkan sertifikat tanah sebanyak 3.921 bidang yang diterima oleh tujuh perwakilan anggota masyarakat. 

3.921 bidang tanah tersebut terdiri dari sertifikat hak atas tanah produk Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 2.400 bidang, program redistribusi tanah sebanyak 1.000 bidang, dan lintas sektoral untuk nelayan sebanyak 50 bidang. 

"Sisanya program-program untuk tanah milik Pemprov Sulut dan Pemkab Minsel serta PLN Wilayah Suluttenggo," jelas Kepala Kantor Pertanahan Minsel, Deany W.J Keintjem, A.Ptnh kepada wartawan di sela-sela penyerahan sertifikat tersebut.

Gubernur Olly juga menyerahkan sejumlah bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi Sulut Tahun Anggaran 2022.

Penyerahan bantuan bagi masyarakat terdampak bencana abrasi Pantai Amurang dan bencana kebakaran Pasar 54 Amurang. (Foto: Ist)

Di antaranya, bantuan kursi roda untuk masyarakat lanjut usia (lansia) dan insentif bagi para rohaniawan, guru agama, dan kostor. 

Kemudian bantuan benih cabai, benih jagung hybrida dan hand sprayer, bantuan sembako, bantuan hibah pembelian bahan baku senilai 300.000 per UMK, dan bantuan hibah peralatan bagi pelaku UMKM.

Bendahara Umum DPP PDIP dan Ketua DPD PDIP Sulut ini menyerahkan pula bantuan bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) senilai Rp5 juta, bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) sebanyak 3.260 kilogram bagi masyarakat terdampak bencana alam abrasi Pantai Amurang dan kebakaran Pasar 54 Amurang, serta bantuan mesin pangkas rumput. 

Sementara itu, Pemkab Minsel melalui Dinas Pertanian, Dinas Koperasi dan UMKM serta Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minsel menyalurkan sejumlah bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten Minsel Tahun Anggaran 2022. (Adv/Simon)