Bakal Jadi Destinasi Wisata, Dinas PUTR Minsel Akan Bangun Jalan Akses Bukit Sasayaban - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Bakal Jadi Destinasi Wisata, Dinas PUTR Minsel Akan Bangun Jalan Akses Bukit Sasayaban

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Minsel, Royke Ronald Durand, ST, MT. (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Obyek Bukit Sasayaban di Kelurahan Buyungon, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata baru. 

Karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) akan membangun jalan akses yang baru menuju Bukit Sasayaban.

Anggaran pembangunannya pun telah disiapkan, yakni sebesar Rp7 miliar, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2023.

Pembangunan jalan akses menuju Bukit Sasayaban ini sudah disampaikan oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH saat bertandang ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI pada tahun 2022 lalu dan telah disetujui. 

"Saat ini kami sedang melakukan survei di sekitar kawasan Bukit Sasayaban untuk menentukan titik nol jalan akses tersebut," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Minsel, Royke Ronald Durand, ST, MT ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (05/01/2023) pagi.

Menurutnya, pihaknya akan membangun jalan akses yang baru, yang lebih panjang jaraknya dan tidak terlalu menanjak.

"Ruas jalan yang sudah ada saat ini, yakni masuk lewat Terminal Amurang, kondisi jalannya sangat menanjak. Akan jauh lebih baik jika dibuat agak melandai," tutur Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang pernah menangani sejumlah mega proyek prestisius di Bumi "Nyiur Melambai" ini.

Diharapkan kedepan, Bukit Sasayaban akan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Minsel.

"Tugas kami adalah membangun jalan akses menuju Bukit Sasayaban. Nanti Dinas Pariwisata yang akan membangun fasilitas penunjang lainnya. Misalnya, tempat berdagang bagi para pelaku UMKM," imbuh alumni SMA Negeri 162 Amurang lulusan tahun 1986 ini.

Masih bersumber dari DAK 2023, akan dibangun pula ruas jalan Sapa-Pakuweru dengan total anggaran mencapai Rp11 miliar lebih.

Indahnya pemandangan Teluk Amurang dari atas Bukit Sasayaban. (Foto: Sulut24/Simon)

Selain itu, lanjut Magister Teknik lulusan Unsrat tahun 2007 tersebut, ada beberapa ruas jalan yang akan ditangani pihaknya melalui sumber anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) dan kegiatan Bidang Cipta Karya.

Durand menegaskan, semua terobosan ini berkat hasil lobi dan perjuangan keras dari Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th (FDW-PYR) yang sepanjang tahun 2022 lalu, gencar menemui para petinggi di sejumlah kementerian dan DPR RI, sehingga Kabupaten Minsel mendapat kucuran dana segar dari Pemerintah Pusat.

"Ini semua demi kemajuan daerah ini dan kesejahteraan masyarakat Minsel," pungkas mantan Kasatker Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Tenggara ini. (Simon)