Salibana Pimpin BAMUKISST Manado - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Salibana Pimpin BAMUKISST Manado

DR Johanis Salibana SE MBA saat memberikan sambutan (Foto: Sulut24/AG)

Sulut24.com, MANADO - Musyawarah Cabang (Muscab) I yang digelar Kamis (19/1/2023) memilih dan menetapkan DR Johanis Salibana SE MBA sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC)  BAMUKISST (Badan Musyawarah Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro Talaud) Kota Manado masa bakti 2023-2027.

Sidang terbuka yang diikuti sepuluh (10) Komisariat/Kecamatan se-Manado, satu (1) utusan Pengurus Besar BAMUKISST serta satu (1) suara dari BAMUKISST Manado, secara penuh mendaulat Salibaba sebagai nahkoda utama untuk menjalankan  roda organisasi sosial masyarakat Nusa Utara yang berdiri sejak tahun 1982 tersebut.

Berlangsung penuh kekeluargaan, sidang yang dipimpin Drs Trius Abas didampingi Deky Geruh dan Ronni Bambungan itu berjalan selama hampir lima jam dan berakhir pukul 18.50. 

"Ya, Salibana dipilih aklamasi oleh sidang Muscab I BAMUKISST Manado," kata Alfeyn Gilingan, Sekretaris Umum PB BAMUKISST, usai Muscab yang digelar di RedDoorz Premium Sea Residence Manado.

Sekum Alfeyn menjelaskan, Muscab I BAMUKISST Manado digelar setelah akhir 2022 lalu PB BAMUKISST membekukan dan mencabut surat keputusan pembentukan DPC BAMUKISST Manado tahun 2019.

"Setelah hampir tiga tahun diberi ruang untuk menjalankan organisasi, pengurus yang lalu tidak bekerja maksimal. Maka hasil evaluasi PB BAMUKISST, untuk Manado diputuskan ada carateker untuk BAMUKISST Manado dan segera digelar Muscab. Hasilnya, Muscab sudah digelar," urai Alfeyn.

Saat membuka Muscab, Ketua Harian BAMUKISST Drs Edison Humiang MSi, mengatakan Muscab I BAMUKISST Manado digelar sebagai amanat AD/ART BAMUKISST. Pengurus BAMUKISST Manado yang ditunjuk dalam pembentuk pertama, sampai tahun 2022 tidak berdinamika sebagaimana mestinya sebuah organisasi.

"Ini perlu digarisbawahi. Manado sebagai show windos Sulut, maka BAMUKISST Manado sebagai organisasi harus bergerak untuk berperan aktif dalam semua bidang pembangunan," sebut Humiang yang purna tugas pada jabatan Asisten I Sulut itu.

Suasana Musyawarah Cabang (Muscab) I BAMUKISST Manado (Foto: Sulut24/AG)

Humiang kemudian mewanti-wanti kepada pengurus BAMUKISST Manado untuk mengelola organisasi menjadi "rumah besar' bagi masyarakat Sangihe Sitaro Talaud yang ada di Manado. Terutama merangkul rukun-rukun yang sudah lama ada di Manado.

"Pengurus harus turun ke bawah, lihat, temui, himpun dan bantu saudara kita melalui organisasi ini. Apalagi menghadapi tahun 2024, dorong putra-putri Nusa Utara untuk semakin meningkatkan kualitas," kata Humiang.

Sementara Sekretaris Kesbangpol Sulut, Drs Noldy Salindeho, diberi kesempatan menyampaikan arahan dari pemerintah, wakili Kaban Kesbangpol Sulut. "Ke depan keberadaan BAMUKISST secara keseluruhan harus semakin baik," harapnya.

Turut hadir pada Muscab I BAMUKISST Manado, antara lain Abid Takalamingan S.Sos MH, DR Hendrik Manossoh, SE MSi.Ak CA, Drs Nestor Moleh, Rimata Narande, Daendels Sombowadile, Youke Musak, dan sejumlah pengurus fungsional PB BAMUKISST. (fn)