Pesta Adat Tulude Desa Tambun Berlangsung Meriah - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pesta Adat Tulude Desa Tambun Berlangsung Meriah

Suasana Pesta Adat  Tulude Desa Tambun (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Perayaan Tulude merupakan pesta adat masyarakat suku Nusa Utara sebagi wujud syukur penyembahan bagi sang pencipta atas berkat dan penyertaannya dari tahun yang lalu dan memohon penyertaannya di tahun yang baru ini.

Pesta adat Tulude tersebut juga rutin dilakukan bagi masyarakat suku Nusa Utara yang telah lama berdomisili di wilayah Minahasa Utara, tepatnya di wilayah Likupang, sebagai bentuk tolak bala sukses digelar.

Sama halnya desa Tambun, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu (15/1/2023) sukses menggelar pesta adat Tulude dengan meriah.

Pada perayaan tersebut terdapat 22 kue adat Tamo yang menghiasi perayaan Tulude desa Tambun di Tahun 2023 ini.

Dalam perayaannya, kue adat Tamo Raja diarak dari rumah Hukum Tua Tambun Nelwan Tumundo menuju ke bangsal tempat acara adat yang berlokasi di depan pantai d desa Tambun. Acara kemudian diawali dengan sambutan yanyian pertemuan dan dibuka dengan ibadah yang dipimpin Gembala Tedius Batasina.

Usai ibadah, lalu dilanjutkan dengan pemotongan kue adat Tamo. Bertindak sebagai Petua Adat, Forgam Lumele yang juga sebagai eksekutor pemotong kue adat tamo raja dan pembaca doa, juga permohonan yang dipanjatkan untuk sang pencipta.

Sekcam Likbar Liana Papia SE dalam sambutannya mewakili Bupati Joune Ganda (JG) menuturkan, pemerintah kabupaten sangat mengapresiasi dan bangga dengan perayaan sukuran Tulude desa Tambun  sehingga sukses digelar dan dapat terus dipertahankan.

“Tulude merupakan budaya adat leluhur secara turun-temurun yang tetap harus kita semua jaga dan lestarikan. Sebab ini dapat mendukung kita Kabupaten Minut yang sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas yang ada di Likupang. Dengan mempertahankan budaya ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan nantinya,” ucap Papia.

Suasana Pesta Adat  Tulude Desa Tambun (Foto: Ist)

Sementara itu Hukum Tua Tambun Nelwan Tumundo dalam sambutannya memanjatkan ucapan syukur kepada Tuhan karena atas penyertaan-Nya, sehingga perayaan Tulude desa Tambun dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Terimakasih disampaikan untuk Sekcam Liana Papia yang telah mewakili Bupati dalam mengikuti perayaan Tulude desa Tambun. Terimah kasih juga buat gembala Tedius Batasina, para tokoh agama, adat dan masyarakat yang menyempatkan diri hadir di desa Tambun. Terimakasih banyak juga untuk masyarakat yang mulai dari awal bersama membantu pemerintah desa dalam menyiapkan pesta adat Tulude ini sehingga sukses digelar,” kata Tumundo 

Dalam acara pesta adat Tulude desa turut juga dirangkaikan dengan Hut Desa Tambun yang ke-17. (Joyke)