Sederhana Namun Bermakna, Tulude Desa Hangke Sukses Terlaksana - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Sederhana Namun Bermakna, Tulude Desa Hangke Sukses Terlaksana

Suasana Pesta Adat Tulude Desa Hangke (Foto: Sulut24/Vickh)

Sulut24.com, SANGIHE - Pesta adat Tulude Desa Hangke, Kecamatan Tabukan Selatan Tengah (Tabselteng) digelar sederhana namun bermakna sangat mendalam bagi masyarakat Desa Hangke.

Gelaran pesta adat tahunan ini rutin dilaksanankan oleh pemerintah dan masyarakat Desa Hangke, sebagai wujud rasa syukur atas penyertaan Tuhan disepanjang tahun 2022 hingga awal 2023.

Kali ini gelaran peserta adat tersebut dilaksanakan pada Rabu (22/2/2023) sore di sepanjan jalan sekitar kantor kapitalaung (Kepala desa). 

Suasana Pesta Adat Tulude Desa Hangke (Foto: Ist)

Menurut Kapitalaung Desa Hangke Yonefton Herung pesta adat Tulude selalu diawali dengan ibadah dan dilanjutkan dengan berbagai acara adat lainnya seperti pemotongan kue adat (Tamo) sebagai simbol disetiap pesta adat Tulude. 

Suasana Pesta Adat Tulude Desa Hangke (Foto: Ist)

"Pesta adat Tulude ini rutin kami laksanakan pada bulan Februari, dengan melibatkan masyarakat sebagai panitia pelaksana secara bergilir dari tiap lindongan (RT) setiap tahunnya," tutur Herung yang kini sudah menjabat dua periode sebagai kapitalaung.

Suasana Pesta Adat Tulude Desa Hangke (Foto: Sulut24/Vickh)

Ia berharap melalui momen Tulude ini, sikap gotong royong diantara masyarakat masyarakat Desa Hangke dapat semakin bertumbuh demi memajukan Desa Hangke kedepan. 

Selain pemerintah desa dan masyarakat, acara adat tersebut juga turut dihadiri oleh perwakilan koramil dan polsek dan undangan lainnya. 

Suasana Pesta Adat Tulude Desa Hangke (Foto: Ist)

Diketahui, Desa Hangke memiliki luas wilayah geografis kurang lebih 306 hektar dengan jumlah penduduk sebanyak 326 jiwa dengan jumlah Kepala keluarga (KK) sebanyak 106 yang tersebar di 3 lindongan, seluruh masyarakat Hangke adalah pemeluk agama Kristen dan sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.(Vickh)