Tindaklanjuti Instruksi Pj Bupati Terkait DBD, Dinkes Sangihe Lakukan Berbagai Langkah - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Tindaklanjuti Instruksi Pj Bupati Terkait DBD, Dinkes Sangihe Lakukan Berbagai Langkah

Tim Dinkesda Sangihe saat bersiap melakukan kegiatan pencegahan DBD di Kampung Pulau Mahengetang (Foto: Ist)

Sulut24.com, SANGIHE - Menindaklanjuti instruksi Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe  dr. Rinny Tamuntuan, Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Kabupaten Kepulauan Sangihe melakukan berbagai langkah penanganan dan pencegahan penyakit Demam Berdarah (DBD).

Kepala Dinkesda Sangihe, dr Handry Pasandaran mengatakan bahwa saat ini terdapat lima kasus DBD di Kampung Pulau Mahengetang dengan dua pasien diantaranya meninggal dunia. 

"Untuk itu pemerintah segera melakukan penanganan langsung dilapangan," ungkap Pasandaran Rabu (8/2/2023) yang kala itu nekad bersama tim mengarungi laut meski dalam kondisi bergelombang.

Guna mencegah meningkatnya kasus DBD di Kabupaten Kepulauan Sangihe terutama di  pulau Mahengetang, tim Dinkesda melakukan serangkaian kegiatan, diantaranya Pengasapan (Fogging) di kurang lebih 200 rumah penduduk, rumah ibadah dan sekolah. 

Selain itu, Dinkesda juga memberikan sosialisasi terkait pencegahan dan pengendalian wabah DBD kepada masyarakat, memberikan pengobatan gratis, melakukan vaksinasi Covid-19 dan serta memberikan sejumlah bantuan berupa kelambu anti nyamuk dan abate kepada warga pulau Mahengetang.

Suasana penyerahan bantuan kepada warga (Foto: Ist)

Pasandaran mengatakan bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh Dinkesda merupakan bagian dari kepedulian pemerintah kepada masyarakat. 

"Ini bentuk kepedulian dan reaksi cepat Pj bupati terhadap masalah yang dialami masyarakat khususnya di bidang kesehatan. Berharap DBD ini segera tertangani dan tak ada lagi penambahan kasus baru," kata Pasandaran. (Vickh)