Program JG-KWL Sediakan Anggaran 2,5 Miliar Untuk Bayar Iuran BPJS - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Program JG-KWL Sediakan Anggaran 2,5 Miliar Untuk Bayar Iuran BPJS

Suasana sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh Hukum Tua/Lurah se-Kab. Minut (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Tenaga Kerja menggelar Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh Hukum Tua/Lurah se-Kab. Minut, di Pendopo Kantor Bupati, Kamis (16/03/2023).

Mewakili Bupati Minut Joune Ganda, dalam sambutannya Asisten I Bagian Pemerintahan dan Kesra Umbase Mayuntu menyampaikan, Program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan bagi pekerja dan juga keluarga, dimana sosialisasi ini untuk memberikan informasi dan pemahaman yang benar.

"Kiranya para Camat, Hukum Tua/Lurah dapat mengikuti sosialisasi ini dengan cermat, kemudian nanti akan diteruskan di wilayah masing-masing," kata Mayuntu.

Kepala Cabang (Kacab) BPJS Ketenagakerjaan Minut- Bitung Irham Hasyim mengatakan, maksud dari sosialisasi ini adalah agar masyarakat bisa membedakan antara BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS kesehatan adalah program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan memiliki 5 program jaminan yakni;

1. Jaminan Hari Tua (JHT)

2. Jaminan Pensiun (JP)

3. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

4. Jaminan Kematian (JKm)

5. Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Minut Edwin Ombuh mengatakan, ini adalah program dari Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulung bagi seluruh masyarakat Minahasa Utara.

"Pemkab Minut telah menata anggaran sekitar 2,5 Miliar untuk bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan, jadi masyarakat yang sudah tercover, Pemkab Minut yang membayar iurannya dan manfaatnya untuk masyarakat," ucap Ombuh.

Suasana sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh Hukum Tua/Lurah se-Kab. Minut (Foto: Ist)

"Para Kepala Desa/Lurah agar segera mensosialisasikan BPJS Ketenagakerjaan ini kepada masyarakat, karena Bupati Joune Ganda sekarang mau seluruh masyarakat yang berusia produktif di Minahasa Utara akan di cover BPJS Ketenagakerjaan," jelas Ombuh.

Ombuh juga mengatakan bahwa ada wacana nantinya dana duka akan dicover BPJS Ketenagakerjaan, dimana sekarang dana duka hanya tiga juta rupiah, kalau BPJS Ketenagakerjaan empat puluh dua juta rupiah.

"Mari kita peduli kepada masyarakat, cari data masyarakat yang bekerja dan segera daftarkan BPJS Ketenagakerjaan, karena Bupati Joune Ganda sangat ingin melindungi masyarakat Minahasa Utara," pungkas Ombuh.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Kepala Dinas Sosial dan PMD Arnolus Wolayan, para Camat dan para Hukum Tua / Lurah se-Kab. Minut. (Joyke)