Dinas Perkim dan DLH Pangkas Pohon Rawan Tumbang di Minut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Dinas Perkim dan DLH Pangkas Pohon Rawan Tumbang di Minut

Kadis Perkim Donald Tintingon turun langsung di lapangan melakukan pemangkasan pohon (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT – Sejumlah petugas dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Minahasa Utara dibantu sejumlah instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pemangkasan pohon yang rawan tumbang atau roboh.

Kegiatan tersebut dilakukan disepanjang jalan raya terutama pohon yang dekat dengan sarana fasilitas umum.

Dalam pemangkasan pohon ini Kepala Dinas Perkim Donald Tintingon dan Kadis DLH Marthen Sumampouw turun langsung di lokasi pemangkasan pohon.

Kepala Dinas Perkim Minut Donald Tintingon menjelaskan pemangkasan ini perlu dilakukan demi keselamatan bersama.

Diakuinya keberadaan pohon peneduh di sekitar jalan memang perlu dilakukan perawatan ekstra karena ada beberapa yang sudah kondisinya tua sehingga mulai rapuh.

"Kondisi pohon seperti ini kalau diterpa angin kan bisa tumbang. Jadi kita kurangi ranting, dahan, serta daunnya. Jadi waktu terjadi angin tidak sampai roboh," ujarnya, Rabu (21/6/2023).

Tintingon menambahkan saat ini Dinas Perkim selain tetap fokus untuk penambahan ruang terbuka hijau saat musim penghujan juga akan memaksimalkan untuk perawatan dan pemangkasan pohon. 

Kadis Dinas Perkim Donald Tintingon dan Kadis DLH Marthen Sumampouw (Foto: Ist)

Ia juga menghimbau warga untuk melakukan pemangkasan sendiri pohon yang ada disekitar rumah yang rawan tumbang atau roboh.

"Warga bisa koordinasi dan memberikan informasi dengan kami (Dinas Perkim, red) jika mengetahui ada pohon tumbang yang berdekatan dengan permukiman atau fasilitas publik," imbuhnya. 

Sementara itu hadir dalam pemangkasan pohon hadir juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Marthen Sumampouw dan turut dibantu Satuan Polisi Pamong Praja dan petugas DLLAJ Minut. (Joyke)