Jelang Hari Bhayangkara ke-77, Kapolda Sulut Pimpin Upacara Ziarah Rombongan dan Tabur Bunga di Laut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Jelang Hari Bhayangkara ke-77, Kapolda Sulut Pimpin Upacara Ziarah Rombongan dan Tabur Bunga di Laut

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut sedang tabur bunga di TMP Kairagi. (Foto: Humas Polda Sulut)

Sulut24.com, MANADO – Menjelang Hari Bhayangkara ke-77 pada 1 Juli 2023 mendatang, Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rangkaian upacara ziarah rombongan dan tabur bunga di laut.

Upacara dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, Selasa (27/06/2023) pagi. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan Leonard De Fretes, Ketua dan Wakil Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut, serta para Pejabat Utama (PJU) Polda Sulut dan Bhayangkari. 

Rangkaian kegiatan diawali dengan upacara ziarah rombongan di taman makam pahlawan (TMP) Kairagi, Kota Manado.

Rombongan kemudian bertolak menuju Markas Komando (Mako) Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Sulut, di Tandurusa, Kota Bitung.

Setibanya di Mako Ditpolairud, Kapolda Sulut dan rombongan melakukan upacara tabur bunga di laut, yang dilaksanakan di haluan Kapal Polisi Cucak Rawa 5004.

Upacara ini ditandai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga dan penaburan bunga di sejumlah pusara.

Upacara tabur bunga dan pelarungan karangan bunga di laut oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto. (Foto: Humas Polda Sulut)

Kemudian dilanjutkan dengan pelarungan karangan bunga serta penaburan bunga di laut, dan diakhiri pembacaan doa.

Kapolda Sulut melalui Kabid Humas Kombes Pol Iis Kristian, SIK mengungkapkan, upacara ziarah rombongan dan tabur bunga ini merupakan tradisi rutin tahunan Polri tiap menjelang peringatan Hari Bhayangkara.

“Tujuannya untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi membela tanah air. Kegiatan ini juga untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan semangat, khususnya bagi institusi Polri dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” ungkap mantan Kapolres Minahasa Selatan (Minsel) ini. (Simon)