Meriahkan Hari Bhayangkara ke-77, Polda Sulut Sukses Gelar Olahraga Bersama dan Lomba Lari - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Meriahkan Hari Bhayangkara ke-77, Polda Sulut Sukses Gelar Olahraga Bersama dan Lomba Lari

Pelepasan peserta lomba lari oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Henny Setyobudi. (Foto: Humas Polda Sulut)

Sulut24.com, MANADO – Polda Sulawesi Utara (Sulut) sukses menggelar kegiatan olahraga bersama dan lomba lari menyambut sekaligus memeriahkan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023.

Ribuan peserta turut ambil bagian pada hajatan yang digelar di lapangan upacara Mapolda Sulut, Sabtu (24/06/2023).

Peserta yang turut ambil bagian di antaranya jajaran Forkopimda Sulut atau yang mewakili, para Pejabat Utama (PJU) beserta Bhayangkari dan personel Polda Sulut, unsur TNI, instansi terkait serta warga masyarakat.

Olahraga bersama diawali dengan lomba lari “Kapolda Run 5K dan 10K”, dimana garis start dan finish di Mapolda Sulut, dengan rute di seputaran Kota Manado.

Pelepasan peserta lomba lari dilakukan langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Henny Setyobudi. Sedangkan peserta lainnya mengikuti jalan sehat.

Setelah peserta lomba lari maupun jalan sehat tiba di garis finish, dilanjutkan dengan kegiatan senam bersama. Olahraga bersama juga diisi dengan hiburan musik yang membuat suasana semakin bertambah semarak.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan pengundian kupon peserta untuk mendapatkan berbagai doorprize menarik hingga grandprize berupa dua unit sepeda motor.

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto mengatakan, olahraga bersama ini merupakan kegiatan internal tetapi juga melibatkan eksternal.

“Kami mengundang Forkopimda dan instansi terkait lainnya untuk turut bergabung dengan kami melaksanakan jalan sehat, dan dilanjutkan senam bersama,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto, usai kegiatan.

Menurutnya, di wilayah Sulut ini banyak komunitas pelari, yang anggotanya terlihat antusias dalam menyalurkan hobi, baik pada saat pagi, sore, bahkan malam hari.

“Melihat hal tersebut, kemudian saya membentuk panitia kecil untuk menyiapkan kegiatan Kapolda Run 5K dan 10K. Ternyata animonya banyak sekali,” ujar Perwira Tinggi (Pati) Polri asal Surabaya, Jawa Timur (Jatim) ini.

Diungkapkannya, lima hari terakhir menjelang lomba lari dilaksanakan, panitia dengan terpaksa menolak kurang lebih 100 orang yang ingin mendaftar karena ketersediaan medali dan jersey juga terbatas.

“Sehingga kurang lebih hanya sekitar 600 orang saja. Tapi saya lihat juga mereka tetap antusias. Tadi di jalan masih ada beberapa orang yang tanpa menggunakan jersey, tetap ikut juga bergabung,” tutur Kapolda Sulut. 

Lomba lari Kapolda Run 5K dan 10K, diikuti ratusan peserta dengan rute di seputaran Kota Manado, serta lokasi start dan finish di Mapolda Sulut. (Foto: Humas Polda Sulut)

Lulusan Akpol 1989 yang berpengalaman dalam bidang reserse ini menambahkan, olahraga bersama dan lomba lari ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 yang mengangkat tema "Polri Presisi untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju".

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) ini berharap, kegiatan tersebut semakin mendekatkan Polri, khususnya Polda Sulut dan jajaran dengan masyarakat. 

Kedepan pihaknya akan melaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga serta beberapa kegiatan internal lainnya, sebelum puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-77 yang jatuh pada 1 Juli 2023 mendatang. 

"Mudah-mudahan pelaksanaan kegiatan sampai dengan 1 Juli nanti, semuanya berlangsung lancar. Kami mohon doa dari seluruh masyarakat Sulut agar kegiatan ini berjalan dengan baik,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto. (Simon)