Momen Peringatan Hari Lahir Pancasila, Senator Stefanus Liow : Pancasila adalah Pemersatu Bangsa - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Momen Peringatan Hari Lahir Pancasila, Senator Stefanus Liow : Pancasila adalah Pemersatu Bangsa

Anggota DPD RI/MPR RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP. (Foto: Istimewa)

Sulut24.com, JAKARTA - Hari ini, Kamis (01/06/2023), bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 mengusung tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

Tema tersebut mengandung makna bahwa momentum peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi pemantik bagi bangsa Indonesia untuk bahu-membahu mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia.

Secara nasional, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila digelar di Kawasan Monas, Jakarta Pusat. Pada upacara ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi pemimpin upacara.

Sebagai Inspektur Upacara (Irup), Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Kesultanan Deli berwarna hitam dan nuansa emas dilengkapi dengan keris dan penutup kepala.

Bertindak selaku Komandan Upacara, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kombes Pol Alfian Nurrizal, dan selaku Perwira Upacara yakni Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani.

Sejumlah pejabat yang hadir dalam Upacara tersebut antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Turut hadir pula Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri.

Sehubungan dengan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 tersebut, Anggota DPD RI/MPR RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP kepada wartawan mengatakan, rakyat Indonesia sepantasnya bangga memiliki Pancasila sebagai ideologi yang mengikat bangsa Indonesia di tengah kemajemukan bangsa.

"Pancasila adalah konsensus nasional yang dapat diterima semua paham, golongan dan kelompok masyarakat di Indonesia," tandas Anggota Badan Sosialisasi MPR RI dan Pimpinan Kelompok DPD RI di MPR RI Tahun 2019-2022 ini.

Senator Indonesia dari daerah Sulawesi Utara (Sulut) yang memiliki nama lengkap Ir. Stefanus Berty Arnicotje Nicolaas Liow, MAP (SBANL) ini mencatat, Pancasila adalah pemersatu bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Di tengah krisis yang melanda dunia, lanjut Ketua Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI ini, Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonomi, stabilitas sosial dan stabilitas politik.

"Bangsa Indonesia berhasil mengatasi banyak tantangan dan bahkan semakin diakui dunia. Semua itu pondasinya adalah ideologi Pancasila," kata suami dari Ketua Komisi III DPRD Kota Tomohon Ir. Miky Junita Linda Wenur, MAP.

Pejabat publik yang pernah menjadi Juri Kehormatan Grand Final Lomba Video Pendek dan Animasi bertemakan Pembumian Pancasila dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 yang digagas oleh BPIP RI bekerjasama dengan MPR RI menegaskan pula, Indonesia adalah bangsa yang besar dan majemuk.

"Saat ini Indonesia memiliki populasi penduduk sekira 275 juta jiwa. Indonesia terdiri dari 17.504 pulau, 1.128 suku bangsa, 700 bahasa daerah, agama dan budaya, serta flora dan fauna yang beragam. Namun perbedaan itu adalah anugerah, karunia dan kekayaan dari Tuhan yang mempersatukan kita semua," ungkap Senator Stefanus Liow.

Ketua Komisi Pelayanan Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM periode 2014-2018 ini pun tak lupa mengucapkan selamat memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 sembari mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menolak paham radikal, terorisme dan intoleransi. (Simon)