40 Casis Bintara Asal Minsel Lulus Sidang Akhir Tingkat Panda Polda Sulut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

40 Casis Bintara Asal Minsel Lulus Sidang Akhir Tingkat Panda Polda Sulut

Beberapa dari 40 Casis Bintara Polri asal Minsel yang lulus terpilih pada Sidang Kelulusan Akhir Tingkat Panda Sulut. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Sulut24.com, MANADO - Sebanyak 40 orang Calon Siswa (Casis) Bintara pengiriman dari Polres Minahasa Selatan (Minsel) ditetapkan Memenuhi Syarat (MS) atau lulus Seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri Tahun Anggaran (T.A) 2023.

40 Casis Bintara Polri asal Minsel tersebut terdiri dari 36 pria dan 4 wanita, dengan rincian Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) berjumlah 36 orang (pria 33 dan wanita 3), Bintara Brigade Mobil (Brimob) sebanyak 3 orang pria, dan Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) Tenaga Kesehatan (Nakes) 1 wanita.

Adapun peserta yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) alias gugur seleksi berjumlah 10 orang utk formasi Bintara PTU dengan rincian 9 pria dan 1 wanita. 

Hal tersebut diputuskan dalam Sidang Akhir Tingkat Panda Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A 2023 Polda Sulawesi Utara (Sulut) yang digelar di Auditorium Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, pada Rabu (19/07/2023) sekitar pukul 19.00 Wita. 

Sidang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto selaku Ketua Panda Sulut, didampingi Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Kombes Pol Bayu, S.I.K, dan Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Kombes Pol Ari Wahyu Widodo, S.I.K.

Hadir pula para Pejabat Utama (PJU) di lingkup Biro SDM Polda Sulut, panitia seleksi tingkat Panda Sulut, pengawas internal dan pengawas eksternal.

Sebagaimana diketahui, proses seleksi Bintara dan Tamtama Polri T.A 2023 dimulai sejak awal April hingga Juli 2023.

Setiap tahapan seleksi dilaksanakan dengan ketat dan mengedepankan prinsip BETAH yakni Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis, serta melibatkan unsur pengawas internal dan pengawas eksternal.

Terkait rekrutmen Bintara dan Tamtama Polri T.A 2023 Tingkat Panda Sulut tersebut, Polres Minsel mengirim sebanyak 156 orang, terdiri dari 147 pria dan 9 wanita.

Rinciannya, Bintara PTU 137 orang, Bintara Brimob 13 orang, Bintara Polisi Perairan (Pol Air) 1 orang, Bakomsus Nakes 1 orang, dan Tamtama Brimob 4 orang.

Namun pada sidang kelulusan akhir ini, yang terundang hadir hanya para Casis Bintara yang sebelumnya telah lolos tahapan demi tahapan seleksi. 

Mulai dari Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) awal, Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) Tahap I, Computer Assisted Test (CAT) Akademik dan Psikologi Tahap I, Rikkes Tahap II, Uji Kesamaptaan Jasmani dan Anthropometri, tes Psikologi Tahap II dirangkaikan dengan Penelusuran Mental Kepribadian (PMK), hingga Rikmin akhir.

Sidang Akhir Tingkat Panda Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A 2023 Polda Sulut digelar di Auditorium Unsrat Manado. (Foto: Ist)

40 Casis Bintara kiriman Polres Minsel yang lulus terpilih ini bersama ratusan Bintara lainnya kiriman dari polres/polresta jajaran Polda Sulut, selanjutnya akan mengikuti pendidikan Bintara Polri 2023 selama 5 bulan.

Pendidikan Bintara Polri akan dimulai pada tanggal 25 Juli hingga 21 Desember 2023 mendatang, di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulut, di Karombasan, Manado untuk Bintara PTU.

Bagi Bintara Brimob, akan mengikuti pendidikan di Pusat Pendidikan (Pusdik) Brimob, di Watukosek, Pasuruan, Jawa Timur.

Adapun khusus Bintara PTU dan Bakomsus wanita, akan mengikuti pendidikan di Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan), di Lebak Bulus, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Puji Tuhan, kami ditetapkan lulus terpilih. Terima kasih buat orang tua, sanak saudara dan teman yang selama ini turut menopang dan mendoakan kami sehingga bisa berhasil mewujudkan cita-cita menjadi anggota Polri," tutur Gracya Merentek, Rico Roboth, dan Filipo Tumanken, ketiganya kiriman dari Polres Minsel.

Pasca Sidang Akhir Bintara Polri Tingkat Panda Sulut, Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH menyampaikan ucapan selamat kepada orang tua dan para Casis Bintara kiriman Polres Minsel yang lulus seleksi. 

"Tetap rendah hati dan jaga kesehatan hingga memasuki pendidikan Bintara Polri nanti. Semoga kedepan menjadi anggota Polri yang berintegritas, profesional dan tetap humanis," ujar Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH, didampingi Kabag SDM Kompol Alfrets Lalontja Tatuwo, S.Sos dan Paur Dalpers Bagian SDM Polres Minsel Aipda Surman Lainsamputty.

Bagi peserta seleksi Bintara Polri asal Minsel yang belum beruntung, mantan Kapolres Minahasa Tenggara (Mitra) ini meminta agar tidak patah semangat dan jangan merasa perjuangan menjadi Bintara Polri menjadi sia-sia. 

Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH menyampaikan ucapan selamat kepada orang tua dan para Casis Bintara kiriman Polres Minsel yang lulus seleksi. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2004, Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) tahun 2009, serta Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) tahun 2019 ini menekankan, kegagalan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. 

"Terima dengan ikhlas dan lapang dada. Jangan putus asa dan hilang pengharapan. Jadikan kegagalan ini sebagai pengalaman berharga dan motivasi, agar ke depan lebih baik lagi," imbau Kapolres Minsel.

Agar bisa lulus rekrutmen Bintara Polri pada tahun anggaran berikutnya, ia pun mengimbau agar lebih mempersiapkan diri lagi, baik kemampuan akademik maupun kesamaptaan jasmani.

"Tetap semangat dan selagi usia masih memungkinkan, ikut lagi seleksi Bintara Polri tahun depan," pesan Perwira Menengah (Pamen) Polri asal Padang, Sumatera Barat (Sumbar) yang dekat dengan masyarakat Minsel ini. 

Sementara itu, diperoleh informasi bahwa pihak Panda Polda Sulut dalam waktu dekat ini akan menggelar pula Sidang Kelulusan Akhir Casis Tamtama Polri. (Simon)