Kapolda Sulut Pimpin Sertijab 4 Kapolres, Dirbinmas dan Kabid TIK - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Kapolda Sulut Pimpin Sertijab 4 Kapolres, Dirbinmas dan Kabid TIK

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto memimpin upacara Sertijab 2 Pejabat Utama Polda Sulut dan 4 kapolres jajaran. (Foto: Humas Polda Sulut)

Sulut24.com, MANADO – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Sulut dan kapolres jajaran, yang digelar di Aula Tribrata Polda Sulut, Selasa (11/07/2023).

Diketahui rotasi besar-besaran dikeluarkan oleh Mabes Polri. Dua PJU di Polda Sulut dan 4 kapolres jajaran ikut berganti.

Pergantian tersebut tertuang dalam surat telegram rahasia (TR) dengan nomor : ST/1396/VI/KEP./2023 tertanggal 24 Juni 2023 yang diteken oleh Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM) Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Adapun PJU Polda Sulut dan kapolres jajaran yang dirotasi yakni Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas), Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kabid TIK), Kapolres Minahasa Utara (Minut), Kapolres Tomohon, Kapolres Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Kapolres Kepulauan Talaud.

Jabatan Dirbinmas diserahterimakan dari Kombes Pol Dumadi kepada Kombes Pol Anis Victor Brugman, SIK yang sebelumnya bertugas di Akademi Kepolisian (Akpol) Lemdiklat Polri. Pejabat lama dimutasi ke Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri.

Jabatan Kabid TIK diserahterimakan dari Kombes Pol Darwanto kepada Kombes Pol FX. Winardi Prabowo. Pejabat lama, Kombes Pol Darwanto, memasuki masa purna bakti.

Kombes Pol FX. Winardi Prabowo sebelumnya menjabat Wakil Direktur Reserse Narkoba (Wadir Resnarkoba) Polda Lampung. Ia juga pernah menjabat Kapolres Minahasa Selatan (Minsel) dan Kapolres Bitung. 

Jabatan Kapolres Bolmong diserahterimakan dari AKBP Slamet Ramelan kepada AKBP Arianto Salkery yang sebelumnya bertugas di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri. Pejabat lama dimutasi ke Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri.

Kemudian, jabatan Kapolres Minut diserahterimakan dari AKBP Bambang Yudi Wibowo kepada AKBP Dandung Putut Wibowo yang sebelumnya menjabat Kapolres Kepulauan Talaud. Pejabat lama kini bertugas di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sementara jabatan Kapolres Kepulauan Talaud diserahterimakan dari AKBP Dandung Putut Wibowo kepada AKBP Muhammad Chaidir yang sebelumnya menjabat Kasubdit Penegakkan Hukum (Gakkum) Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Sulut.

Adapun jabatan Kapolres Tomohon diserahterimakan dari AKBP Arian Primadanu Colibrito kepada AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK. Pejabat lama, AKBP Arian Primadanu Colibrito, ditugaskan sebagai Kepala Bagian Pembinaan Karir (Kabag Binkar) Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulut.

AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK sebelumnya menjabat Kepala Sub Bagian Kementerian (Kasubbagkemen) Bagian Kesepakatan Kerja Sama (Bagpakatkerma) Biro Kerjasama Kementerian Lembaga (Rokerma KL) Staf Operasi (Sops) Polri. 

AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK adalah lulusan Akpol tahun 2002. Ia putra asli Kawanua asal Desa Malenos Baru, Kecamatan Amurang Timur, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). 

Pelantikan terhadap 2 PJU dan 4 kapolres jajaran Polda Sulut ini ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Kapolda Sulut didampingi rohaniawan, dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sertijab.

“Hari ini kita baru saja melaksanakan kegiatan serah terima jabatan Dir Binmas, Kabid TIK, Kapolres Minut, Kapolres Tomohon, Kapolres Bolmong dan Kapolres Kepulaun Talaud. Mutasi jabatan pada dasarnya merupakan suatu hal yang wajar di tubuh Polri karena dilaksanakan dalam rangka tour of duty dan tour of area untuk menjaga dinamika organisasi agar dapat terus bergerak maju,” kata Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto dalam sambutannya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) ini tidak lupa menyampaikan  terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pejabat lama atas capaian prestasi serta dedikasi pengabdian tugas yang telah dijalankan dengan tulus ikhlas selama ini.

“Segala bentuk pengabdian yang diberikan tentunya telah memberi sumbangsih, baik terhadap kemajuan Polda Sulut maupun kepada masyarakat Sulut. Dimanapun bertugas, tetap tunjukkan kinerja terbaik bagi kemajuan institusi Polri ke depan,” imbaunya.

Pelantikan terhadap 2 PJU dan 4 kapolres jajaran ini ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Kapolda Sulut didampingi rohaniawan. (Foto: Humas Polda Sulut)

Jenderal bintang dua asal Surabaya, Jawa Timur (Jatim) ini juga menyampaikan selamat kepada pejabat baru atas promosi jabatan sekaligus kepercayaan yang telah diberikan oleh Pimpinan Polri.

“Saya berharap para pejabat yang baru dapat segera beradaptasi dengan dinamika tugas jabatan baru yang diemban. Harapan saya kepada pejabat baru, agar bisa melaksanakan tugas dengan baik, bisa membawa satuan kerjanya pada posisi lebih baik dan lebih meningkat,” harap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Kepada para Kapolres yang baru, ia berpesan agar segera mempelajari situasi, kondisi dan karakter daerahnya masing-masing.

“Segera menyesuaikan diri. Saya yakin dengan pengalaman dan pendidikannya, mereka mampu melaksanakan tugas dengan baik," pungkas lulusan Akpol 1989 yang berpengalaman dalam bidang reserse ini. 

Turut hadir dalam upacara sertijab tersebut, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan de Fretes, para PJU Polda Sulut, para kapolres, perwakilan personel Perwira Menengah (Pamen), Perwira Pertama (Pama), Brigadir dan unsur Bhayangkari. (Simon)