Kapolres Minsel Pantau Arus Lalin dan Pimpin Pengamanan Pengucapan Syukur - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Kapolres Minsel Pantau Arus Lalin dan Pimpin Pengamanan Pengucapan Syukur

Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH memantau langsung situasi kamtibmas, arus lalu lintas, dan bahkan memimpin pengamanan pengucapan syukur di Kabupaten Minsel. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Kapolres Minahasa Selatan (Minsel) AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH memantau langsung situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta arus lalu lintas (lalin) di sejumlah wilayah kecamatan selama berlangsungnya perayaan pengucapan syukur Kabupaten Minsel, pada Minggu (09/07/2023).

Diawali dengan mengikuti ibadah bersama jemaat GMIM 'Makedonia' Lopana Wilayah Amurang Tiga, di Kecamatan Amurang Timur. Pada kesempatan itu, Kapolres Minsel turut didampingi Kabag SDM Kompol Alfrets L. Tatuwo, S.Sos dan sejumlah personel Polres Minsel.

Dalam sambutan singkatnya, Kapolres Minsel mengimbau masyarakat agar merayakan momen pengucapan syukur dengan sederhana, tidak berlebihan, tanpa pesta pora dan mabuk-mabukan.

"Diharapkan juga masyarakat menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat)," imbau mantan Kapolres Minahasa Tenggara (Mitra) ini.

Usai ibadah, Kapolres Minsel langsung turun lapangan untuk memantau langsung arus lalin dan situasi kamtibmas di seputaran wilayah Amurang Raya. 

Ia juga turun langsung memimpin kegiatan pengamanan pengucapan syukur Kabupaten Minsel yang melibatkan ratusan personel gabungan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Dinas Kesehatan, serta mitra kamtibmas Panji Yosua.

Ratusan petugas gabungan ini diterjunkan untuk menciptakan Kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas).

Perwira Menengah (Pamen) Polri asal Padang, Sumatera Barat ini juga meluangkan waktu berkunjung ke kediaman mantan Kabag Logistik AKBP (Purn) Jung Douwes Mala, di Desa Rumoong Bawah, Kecamatan Amurang Barat.

Tak lama kemudian para Pejabat Utama (PJU) Polres Minsel juga ikut bergabung sambil melaporkan hasil pantauan di lapangan terkait situasi kamtibmas dan arus lalin di sejumlah ruas jalan.

Sebelum memimpin pengamanan, Kapolres Minsel juga mengikuti ibadah pengucapan syukur bersama Jemaat GMIM 'Makedonia' Lopana. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Usai santap siang di kediaman mantan Kabag Logistik, Kapolres Minsel didampingi Kasat Lantas AKP Bayu Damara Hadiputra S.TK, S.IK, Kanit Turjawali Sat Lantas Ipda P. Simagunsong, dan Kabag Perencanaan AKP Sam Arikalang langsung bertolak menuju wilayah Kecamatan Tareran dan Kecamatan Suluun Tareran.

Sementara para PJU lainnya bergerak melakukan pemantauan pengamanan pengucapan syukur di sejumlah lokasi yang telah ditetapkan oleh Polres Minsel melalui Bagian Operasional. 

Tiba di Polsek Tareran, Kapolres Minsel bersama rombongan disambut oleh Kapolsek Iptu Johanes Montolalu. 

Usai memantau arus lalin dan situasi kamtibmas di wilayah kepolisian Tareran hingga malam hari, Kapolres bersama rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju wilayah Kecamatan Motoling sekitar pukul 20.00 WITA.

Tiba di Polsek Motoling, Kapolres Minsel didampingi Kasat Lantas, Kanit Turjawali Sat Lantas, KBO Sat Reskrim Ipda Micky Kambong, dan KBO Samapta Iptu Corneles Kainama, disambut oleh Kapolsek Iptu Hentje Talumepa, S.Th.

Usai memberikan arahan kepada Kapolsek dan personel Polsek Motoling, Kapolres Minsel dan rombongan kemudian bergerak menuju wilayah Kecamatan Tompasobaru. Tiba di Polsek Tompasobaru, rombongan disambut oleh Kapolsek AKP Boby Trus Mulyono. 

Dalam perjalanan kembali ke Amurang, Kapolres Minsel bersama rombongan mampir sejenak di Polsek Ranoyapo dan disambut oleh Kapolsek Iptu Dedy Matahari, SH. 

Menjelang Senin (10/07/2023) subuh, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 2004 ini bersama rombongan kembali ke Amurang dan tiba di Amurang pada pukul 02.00 WITA.

Sementara itu, dari hasil pantauan wartawan di lapangan, situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Minsel selama perayaan pengucapan syukur, berlangsung aman dan kondusif. Begitu pula dengan arus lalin. 

Kunjungan sekaligus pantauan situasi kamtibmas dan arus lalin di Polsek Tareran, Motoling, Tompasobaru dan Ranoyapo. (Foto: Ist)

Pada sore dan terlebih malam hari, kemacetan sempat terjadi di beberapa titik ruas jalan, seperti di ruas jalan Popontolen, Lelema, pertigaan Tumpaan, depan SPBU Tumpaan.

Kemudian, depan SPBU Amurang, tugu KKO, pertigaan BRI Cabang Amurang, depan Sakura Mart, depan gereja GMIM Tesalonika Buyungon, perempatan Jembatan Ranoiapo Amurang, dan ruas jalan Kapitu.

Namun secara keseluruhan, pergerakan kendaraan bermotor (ranmor) masih dapat diurai oleh petugas serta berjalan lancar dan terkendali. 

"Terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Minsel, juga warga yang datang dari luar daerah, karena telah sama-sama menjaga stabilitas kamtibmas dan Kamseltibcarlantas, sehingga perayaan Pengucapan Syukur ini berlangsung aman, tertib, lancar dan kondusif," tutur Kapolres Minsel. (Simon)