Putra Amurang dan Pernah Kuliah di UI, AKBP Lerry Ronald Tutu Pimpin Polres Tomohon - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Putra Amurang dan Pernah Kuliah di UI, AKBP Lerry Ronald Tutu Pimpin Polres Tomohon

Kapolres Tomohon AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK, M.M bersama Ketua Bhayangkari Cabang Tomohon Ny. Fanny Lerry. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK, M.M, kini resmi menjabat Kapolres Tomohon setelah dilantik oleh Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto, di Aula Tribrata Mapolda Sulut, pada Selasa (11/07/2023).

Pelantikan AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK, M.M sebagai Kapolres Tomohon, berdasarkan surat telegram rahasia (TR) nomor: ST/1396/VI/KEP/2023 tertanggal 24 Juni 2023 yang diteken oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Ia menggantikan pejabat lama AKBP Arian Primadanu Colibrito, SIK, MH yang kini ditugaskan sebagai Kepala Bagian Pembinaan Karir (Kabag Binkar) Biro Sumber Daya Manusia (Ro SDM) Polda Sulut.

AKBP Lerry sebelumnya menjabat Kepala Sub Bagian Kementerian (Kasubbagkemen) Bagian Kesepakatan Kerja Sama (Bagpakatkerma) Biro Kerjasama Kementerian Lembaga (Rokerma KL) Staf Operasi (Sops) Polri. 

Sehari setelah dilantik oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, pada Rabu (12/07/2023) ia pun langsung menjalankan tugas pertamanya sebagai Kapolres Tomohon, usai mengikuti prosesi pisah sambut di Mapolres Tomohon, di Jalan Bhayangkara Nomor 1 Kelurahan Lansot, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

Diketahui, AKBP Lerry adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2002. Putra asli Kawanua ini berasal dari Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). 

Ia adalah cucu dari mantan Hukum Tua yang juga Ketua Perintis Desa Malenos Baru, almarhum Viktor Adolof Tutu.

AKBP Lerry adalah putra dari pasangan almarhum Kombes (Purn) Max Arie Tutu, asal Desa Malenos Baru, Kecamatan Amurang Timur, dan Fitje Lepar, asal Desa Lopana, Kecamatan Amurang Timur.

Kapolres Tomohon AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK, M.M (kiri) dan pejabat lama AKBP Arian Primadanu Colibrito, SIK, MH (kanan). (Foto: Ist)

Meski ayah kandung dan kakeknya asli asal Amurang, namun Lerry lahir di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) ketika ayahnya bertugas sebagai anggota Polri di wilayah Polda Sulteng.

AKBP Lerry menghabiskan masa kecilnya hingga dewasa di luar daerah, antara lain di Poso-Sulteng, Kupang-Nusa Tenggara Timur (NTT), Denpasar-Bali, Pontianak-Kalimantan Barat (Kalbar), Kendari-Sulawesi Tenggara (Sultra), dan Jakarta.

"Karena berasal dari latar belakang keluarga Polri, di masa kecilnya hingga dewasa berkali-kali ia pindah sekolah dan tempat tinggal, menyesuaikan dengan tempat tugas ayahnya sebagai anggota Polri," ungkap Dolvie Jan Arie Tutu, SE, saudara sepupu dari AKBP Lerry kepada wartawan.

Sementara itu, dari hasil penelusuran wartawan terungkap kalau AKBP Lerry di masa kecilnya pernah menimba ilmu di SD Kristen Santo Yosep 4 Kupang-NTT selang tahun 1986 hingga 1990, dan lulus pada tahun 1992 di sekolah yang berbeda yakni SD Kristen Swastiastu II Denpasar-Bali.

Ia juga sempat dua tahun menuntut ilmu di SMP Santo Petrus Pontianak-Kalbar selang tahun 1992 hingga 1994, dan kemudian pindah ke SMP 12 Jakarta hingga lulus pada tahun 1995.

Kemudian ia melanjutkan pendidikan di SMA 70 Jakarta (angkatan Garnizoon 70) dan lulus pada tahun 1998.

Karena memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata, ia dengan mudah lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) dan kuliah di Jurusan Sosiologi Universitas Indonesia (UI).

Namun ia akhirnya harus meninggalkan bangku kuliah karena lolos seleksi penerimaan calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1999 (Batalyon Wicaksana Laghawa) dan lulus pada tahun 2002 dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Setelah lima tahun mengemban tugas sebagai anggota Polri, Lerry mendapat kesempatan untuk lanjut pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada tahun 2007 dan lulus tahun 2009.

Saat masih berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) dan bertugas di Polda Sultra, suami tercinta dari Fanny Lerry ini kembali lolos seleksi dan melanjutkan pendidikan di Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri Pendidikan Reguler (Dikreg) ke-61 Tahun Anggaran 2021.

Perwira Menengah (Pamen) Polri yang juga Magister Ilmu Manajemen ini mengabdi selama 12 tahun di jajaran Polda Sultra, dan pernah menjabat Kepala Bagian Pembinaan Karir (Kabag Binkar) Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sultra.

Jabatan tersebut diembannya selama 2 tahun 6 bulan yakni selang Juli 2019 hingga Desember 2021.

Lelaki murah senyum yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris ini kemudian dimutasi ke Mabes Polri dan menjabat Kaurtu Biro Kerjasama Kementerian Lembaga selama 3 bulan, terhitung sejak November 2021 hingga Januari 2022.

Pada tahun yang sama, AKBP Lerry menjabat Kepala Sub Bagian Kementerian Bagian Kesepakatan Kerja Sama pada Biro Kerjasama Kementerian Lembaga Staf Operasi (Sops) Polri. 

Karena dinilai memiliki integritas dan kompetensi yang mumpuni, lulusan Sespimmen Dikreg ke-61 Tahun Anggaran 2021 ini akhirnya pulang kampung ke Manado pada Juli 2023 dan dipromosi menjabat Kapolres Tomohon. 

"Puji syukur kepada Tuhan Yesus, banyak selamat dan sukses buat saudara kami AKBP Lerry Ronald Tutu, SIK, MM. Selamat bertugas sebagai Kapolres Tomohon," tutur Dolvie Jan Arie Tutu, SE yang turut didampingi istri tercinta Kompol Juli Bandangan, SH. (Simon)