Hut Wanua Klabat ke-97 Meriah dan Sukses. Bupati JG Ajak Warga Antisipasi Ancaman Kebakaran Hutan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Hut Wanua Klabat ke-97 Meriah dan Sukses. Bupati JG Ajak Warga Antisipasi Ancaman Kebakaran Hutan

Pemasangan dan tiup lilin HUT Desa Klabat yang ke-97 (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Ancaman kekeringan sebagai dampak fenomena alam El Nino tidak hanya mengganggu produktivitas pangan dan pasokan air bersih di masyarakat, tapi juga potensi terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karhutla). 

Sehingga untuk mengurangi risiko bencana tersebut diperlukan sistem pencegahan dan mitigasi secara terorganisir, terpadu, cepat, dan tanggap.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Fredrik Tulengkey ketika membacakan sambutan Bupati Minahasa Utara Joune J.E Ganda dalam acara syukuran HUT Desa Klabat yang ke-97, Senin (28/8/2023).

Bupati JG mengatakan warga Minut dihimbau untuk menghentikan kebiasaan membakar lahan demi menyuburkan tanah. Hal itu untuk mencegah kebakaran meluas ke pemukiman warga karena kekeringan sebagai dampak El-Nino mulai meluas.

"Seumpamanya beranggapan membakar lahan untuk kesuburan tanah perlu dicermati lagi. Karena masih ada banyak cara untuk membuat kesuburan tanah. Lahan kering yang berdekatan dengan hunian, jangan sampai dibakar,” imbau Bupati JG.

Selain itu juga Bupati JG terus memantau pergerakkan inflasi apalagi menghadapi tahun perpolitikan pemilu 2024 nanti.

"Meski perekonomian dalam negeri yang dalam kondisi baik, berbagai ketidakpastian global perlu diantisipasi," kata Bupati JG.

Sementara itu syukuran HUT Desa Klabat yang ke- 97 berlangsung meriah dan sukses. Acara syukuran ini dipusatkan di Wale Papesungkuden Tamporok, Wanua Klabat.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda menyampaikan ucapan selamat dengan harapan Wanua Klabat dapat menjadi lebih maju dan masyarakatnya sejahtera, sembari berpesan kepada masyarakat untuk terus bersatu dan menjaga kerukunan. 

“Pesan untuk seluruh masyarakat mari kita terus bersatu padu, menjaga kerukunan kedamaian serta terus memelihara kebersamaan yang sudah ada selama ini untuk membangun  kearah yang lebih maju lagi,” ucapnya.

Sementara itu Hukum Tua Wanua Klabat Joaneke T. Dotulong S.IP menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Minahasa Utara yang sudah diwakili Kadis PMD Fredrik Tulengkey beserta rombongan serta semua pihak yang ikut mensukseskan Hut Desa Klabat yang ke-97. (Joyke)