Diikuti Ratusan Peserta, Pemkab Minsel dan BPMP Sulut Gelar FGD Transformasi Pendidikan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Diikuti Ratusan Peserta, Pemkab Minsel dan BPMP Sulut Gelar FGD Transformasi Pendidikan

Pembukaan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Transformasi Pendidikan Kabupaten Minsel, di SMPN 2 Amurang. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Sulut24.com, MINSEL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Minsel bekerja sama dengan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Transformasi Pendidikan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), di SMPN 1 Amurang, pada Jumat (01/09/2023). 

Kegiatan FGD tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Minsel yang juga menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikbud Minsel, Arthur Donald Tumipa, M.Ed.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 115 peserta dari jajaran Disdikbud Minsel ini, mendapat atensi dan dukungan penuh dari BPMP Sulut.

Adapun peserta FGD terdiri dari para kepala sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP), Pengawas, Fasilitator, Pengajar Praktik (PP), Guru Penggerak (GP), Komunitas Belajar (Kombel), dan Admin/Operator Dapodik.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Kepala BPMP Sulut Febry H.J Dien, ST, M.Inf.Tech (MAN) bersama tim yang terdiri dari 13 personil BPMP Sulut turun langsung untuk meninjau sekaligus memberikan pendampingan bagi ratusan peserta FGD ini.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan diskusi di 6 ruang kelas yang telah disiapkan oleh pihak penyelenggara, yakni Kelas PSP, Kelas GP, Kelas PP, Kelas Kombel, Kelas Pengawas, dan Kelas Admin/Operator Dapodik.

Di bawah bimbingan para pendamping dari BPMP Sulut, peserta FGD menyusun perencanaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Minsel.

Selain itu, mereka juga melakukan monitoring dan evaluasi (monev) sekaligus menyusun pelaporan terhadap rencana pelaksanaan kegiatan transformasi pendidikan di Kabupaten Minsel.

"Kabupaten Minsel adalah kabupaten pertama di Provinsi Sulut, bahkan di Indonesia yang melaksanakan program transformasi pendidikan," ungkap Kepala BPMP Sulut Febry H.J Dien, ST, M.Inf.Tech (MAN) dalam sambutannya. 

Menurut Dien, sebelumnya Bitung menjadi kota pertama di daerah ini, bahkan di Indonesia yang telah lebih dahulu melaksanakan program transformasi pendidikan.

Ditambahkannya, melalui FGD ini akan diakomodir aspirasi dari para pelaku dunia pendidikan terkait apa yang menjadi kebutuhan, serta apa yang perlu dan akan dilakukan kedepan demi percepatan transformasi pendidikan di Kabupaten Minsel.

"Seluruh peserta yang terlibat dalam FGD ini, sejak hari ini telah mengukir sejarah karena sudah mengambil perannya masing-masing dalam menunjang program transformasi pendidikan di Kabupaten Minsel. Kami memiliki rancangan Manajemen Paramida dan juga akan membuat Pokja Manajemen Operasional (PMO) Transformasi Pendidikan di daerah ini," pungkas Magister Teknologi Informasi jebolan Australia ini. 

Sementara Plt. Kepala Disdikbud Minsel Arthur Donald Tumipa, M.Ed dalam sambutannya mengatakan, kegiatan FGD ini adalah tindak lanjut dari sosialisasi kegiatan transformasi pendidikan yang dihadiri sekitar 600 peserta yang telah dilaksanakan sebelumnya di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel.

"Kegiatan FGD ini adalah salah satu terobosan dan komitmen Pemkab Minsel di bawah kepemimpinan Bupati Franky Donny Wongkar, SH dalam mempercepat transformasi pendidikan di Kabupaten Minsel," tutur Magister Manajemen Pendidikan lulusan University of Newcastle, England ini.

Terpantau, kegiatan ini diikuti dengan sangat antusias oleh ratusan peserta, sejak pagi hingga menjelang sore hari.

Satu-satunya kendala teknis yang terjadi saat peserta FGD sedang melakukan pembahasan di ruang-ruang kelas, yakni tidak menunjangnya kapasitas daya listrik di SMPN 2 Amurang. 

Kendala teknis tersebut membuat para pendamping dari BPMP Sulut tidak bisa menampilkan slide presentasi secara optimal lewat perangkat proyektor yang telah disiapkan, seperti yang terjadi di ruang Kelas Kombel dan beberapa ruang lainnya.

Kegiatan FGD yang diikuti 115 peserta dari jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Minsel ini, mendapat atensi dan dukungan penuh dari Pemkab Minsel dan BPMP Sulut. (Foto: Sulut24/Simon Manorek)

Namun demikian, secara keseluruhan kegiatan FGD Transformasi Pendidikan Kabupaten Minsel tersebut berlangsung sukses.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Sulut yang diwakili oleh Yerry Makarawung, S.Pd, M.Pd, dan sejumlah pejabat teras di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Minsel yang tergabung dalam Tim Transformasi Pendidikan Kabupaten Minsel.

Di antaranya Sekretaris Dinas Jefri Very Umboh, S.Pd, M.Pd, Kabid Dikdas Marthen Wonseke, M.Pd, Kabid Kebudayaan James Mawikere, SE, M.Si, Kasie Kurikulum Mariana E. Paath, S.Pi, dan Staf Khusus Bupati Minsel Bidang Pendidikan Drs. Semuel Pattylima, M.Pd. (Simon)