Pj Bupati Sangihe dr. Rinny Tamuntuan dan FAS Hadiri HUT Nustab Ke -21 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pj Bupati Sangihe dr. Rinny Tamuntuan dan FAS Hadiri HUT Nustab Ke -21

Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan saat memberikan sambutan (Foto: Ist)

Sulut24.com, SANGIHE - Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan bersama Suami tercinta, dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B,KBD (FAS) Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menghadiri Syukuran HUT Kecamatan Nusa Tabukan (Nustab) yang ke- 21 Tahun. Rabu (27/09/2023).

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Kepulauan Sangihe ini dan suami tercinta disambut secara Adat dengan tarian Gunde, Alat musik Tagonggong serta Tarian Rebana, sampai ke Balai Pertemuan tempat dipusatkannya acara Syukuran, dirangkaikan dengan pemotongan kue adat Tamo serta penampilan grup Masamper dan seni budaya menarik lainnya.

Suasana acara syukuran HUT Kecamatan Nusa Tabukan  ke- 21 Tahun (Foto: Ist)

Acara tersebut digelar dihalaman Pendopo Kampung Nipa Kecamatan Nustab, dan ikut menghadiri acara tersebut yakni, Anggota DPRD Sangihe Denny Roy Tampi, Staf Khusus Bupati Theodorus Angouw, Forkopimcam Kecamatan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Camat Nusa Tabukan, seluruh Kapitalaung Kecamatan Nusa Tabukan, Insan PERS dan seluruh masyarakat Nusa Tabukan yang hadir merayakan.

Suasana acara syukuran HUT Kecamatan Nusa Tabukan  ke- 21 Tahun (Foto: Ist)

Camat Kecamatan Nustab, Denny Abram dalam menyampaikan pengantar dalam acara syukuran ke 21 tahun Kecamatan Nustab mengatakan, syukuran ke- 21 tahun Kecamatan Nustab sangat berbeda dengan sebelumnya, dimana kali ini hadir bersama sama dengan kita untuk pertama kalinya dalam kurun waktu berdirinya Kecamatan Nustab di hadiri FAS ketua DPRD Provinsi Sulut.

"Sekali lagi untuk pertama kalinya FAS sebagai kapasitas ketua DPRD Sulut ada bersama dengan kita di tempat ini," ucap Abram.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kami pemerintah dan masyarakat Nustab karena baru 21 tahun bapak Fransiskus menginjakan kakinya sebagai jabatan ketua DPRD Sulut. Terima kasih atas kebahagiaan yang di hadirkan saat ini," ucap Abram kembali. 

Dikatakan Camat Denny, usia 21 tahun bukanlah usia yang singkat, usia 21 tahun adalah rentan waktu yang sangat panjang hari ini di tempat ini bukan karena seremonial semata untuk memperingati sukacita. Tetapi, hari ini adalah untuk momen kita merenungkan sejauh mana kehadiran kecamatan, sejauh mana keberadaan peran yang dilakukan kecamatan, sejauh mana pelayanan publik yang dilakukan kecamatan. Selanjutnya bapak/ibu harus berintrospeksi diri sejau mana bapak/ibu menggunakan fasilitasi, pelayanan publik yang di tawarkan oleh Pemerintah Kecamatan.

Suasana acara syukuran HUT Kecamatan Nusa Tabukan  ke- 21 Tahun (Foto: Ist)

"Saya yakin 21 tahun kita begitu banyak kekurangan. Tetapi, di tengah kekurangan, kita masih mampu melangkah dan menunjukkan eksistensi kita sebagai satu kecamatan yang berada di Kabupaten Kepulauan Sangihe," ujarnya.

Ia pun berharap di usia 21 ini, saling menghargai dan bergandengan tangan membangun Kecamatan Nustab.

"Saya berharap kita untuk mampu saling menghargai, bergandengan tangan untuk kita kedepan membangun Kecamatan Nustab untuk lebih baik. Meningkatkan pelayanan di berbagai bidang, meningkatkan berbagai hal yang sangat di butuhkan oleh masyarakat," pintanya.

Pada kesempatan tersebut Denny juga menyampaikan permohonan  kepada Pemerintah Kabupaten agar pembangunan penting di Kecamatan Nustab bisa terbangun.

"Pemerintah dan masyarakat Nustab sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten agar pembangunan Jalan Lingkar Kecamatan, Sarana Air Bersih dan Listrik 24 jam  bisa terbangun," tutupnya.

Suasana acara syukuran HUT Kecamatan Nusa Tabukan  ke- 21 Tahun (Foto: Ist)

Sementara Penjabat Bupati dalam sambutannya, mengungkapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa berkat kasih dan karuniaNya sehingga bisa sama - sama berkumpul untuk merayakan Syukuran HUT Kecamatan Nusa Tabukan yang ke – 21 tahun.

"Puji dan Syukur patut kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena berkat kasih dari Tuhan sehingga pada hari ini kita bisa bersama - sama berkumpul ditempat ini dalam rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kecamatan Nusa Tabukan yang ke 21," ucap Penjabat Bupati.

Dikatakan Penjabat Bupati walaupun usia Kecamatan Nustab yang dkategorikan belum terlalu tua, namun setelah menyaksikan selayang pandang yang ditayangkan melalui LCD, Tamuntuan mengukapkan sudah cukup baik dan banyak program - program yang dilakukan oleh pemerintah Kecamatan Nustab.

"Usia yang belum terlalu tua, namun setelah saya melihat selayang pandang yang ditampilkan dilayar, ternyata sudah cukup baik dan banyak program – program yang dilakukan oleh Kecamatan Nusa Tabukan," ungkapnya.

Lanjut Penjabat Bupati, dan untuk keluhan yang disampaikan oleh Pemerintah dan masyarakat Nustab terutama soal pasokan listrik sudah menjadi cacatan khusus untuk diperjuangkan.

"Sudah menjadi catatan khusus persoalan listrik khususnya di Nusa Tabukan, dan memang persoalan pemadaman bukan hanya terjadi di Kecamatan Nustab, akan tetapi hampir di seluruh wilayah Kabupten Sangihe juga terjadi pemadaman listrik oleh PLN, kami juga sudah melakukan upaya - upaya dengan melakukan permohonan kepada PLN Pusat juga kepada PLN Wilayah Propinsi Sulut, dan kini tinggal menunggu jawaban untuk audiens," kata Penjabat Bupati.

"Serta puji syukur, pihak PLN telah melakukan perekrutan tenaga Operator untuk menangani masalah listrik di Nusa Tabukan," tambahnya.

Untuk pembangunan infrastruktur jalan dan lain sebagainya, Penjabat Bupati berharap agar Camat membuat permohonan ke instansi terkait. 

"Untuk pembangunan jalan, agar Pak Camat membuat permohonan sekaligus RAB ke instansi terkait sehingga mereka bisa mengunjungi untuk melakukan survey dilapangan," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut juga Penjabat Bupati menghimbau kepada seluruh Kapitalaung di Kecamatan Nustab untuk mendata masyarakat yang masih memiliki tempat tinggal yang belum layak huni, dan membuat permohonan untuk mendapatkan program RTLH.

Suasana acara syukuran HUT Kecamatan Nusa Tabukan  ke- 21 Tahun (Foto: Ist)

"Saya minta khusunya kepada seluruh Kapitalaung untuk menyiapkan data dan permohonan bagi masyarakat yang belum memiliki rumah tidak layak huni," tuturnya.

Penjabat Bupati berharap juga kepada para Kapitalaung di Kecamatan Nustab memperhatikan kegiatan - kegiatan program yang berhubungan dengan program yang di arahkan dari pemerintah pusat yaitu program penanganan stunting, kemiskinan ekstrim dan program penanganan inflasi.

"Jadi mohon dapat di perhatikan bapak/ibu Kapitalaung kegiatan - kegiatan program yang sangat berhubungan dengan program yang di arahkan dari pemerintah pusat, menjadi program cukup penting bagi daerah," pungkasnya.

Diakhir sambutannya Penjabat Bupati mengucapkan selamat merayakan Hari Ulang Tahun yang ke- 21 tahun kepada pemerintah dan masyarakat Kecamatan Nusa Tabukan. Penjabat Bupati juga memberikan bantuan 10kg beras kepada 10 orang penerima secara simbolis dan memberikan bantuan tongkat kepada 1 orang penerima disabilitas.(Vickh)