Miris, DisDukcapil Kehabisan Tinta, Ribuan e-KTP Warga Minut Tidak Bisa Dicetak - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Miris, DisDukcapil Kehabisan Tinta, Ribuan e-KTP Warga Minut Tidak Bisa Dicetak

Ilustrasi (Foto via infopublik.id)

Sulut24.com, MINUT - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Minahasa Utara kehabisan tinta untuk mencetak KTP Elektronik. Padahal OPD ini tengah dikejar target pencetakan yang masih banyak.

Persoalan ketersediaan tinta KTP elektronik yang masih bergantung pada suplai pemerintah menjadi kendala tersendiri. Di sisi lain, ketersediaan tinta dengan jumlah sasaran rekam tidak sebanding.

Ribuan e-KTP dan administrasi kependudukan masyarakat Minahasa Utara saat ini tidak bisa dicetak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil) karena kehabisan ribbon (tinta).

"Kami sangat kecewa dengan pelayanan Dukcapil Minut. Sudah dua minggu KTP kami belum keluar. Apalagi menghadapi Pemilu ini kami sangat perlu KTP," kata Usman Dalero Warga Likupang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa Utara Dudi Fatah ketika dihubungi Sulut24.com mengakui benar bahwa Dukcapil Minut saat ini telah kehabisan tinta mencetak e-KTP dan surat penting kependudukan lainnya.

Namun menurut Dudi Fatah tinta tersebut sudah dipesan di Surabaya dan kemungkinan besar satu atau dua hari tinta tersebut sudah ada.

"Tinta ini dipesan langsung di Surabaya. Ribbon atau tinta  itu adalah jenis tinta untuk mencetak e-KTP. Tinta itu memiliki kode keamanan khusus yang tidak mudah dipalsukan oleh pihak lain,” jelasnya, Selasa (30/1/2024).

Menurutnya persoalan kekosongan tinta ribbon tidak menjadi hambatan di Pemilu nanti.

Disdukcapil mengimbau warga agar tidak cemas tentang persoalan itu, sebab tinta tersebut sudah dipesan langsung dari Surabaya dan masih dalam pengiriman. (Joyke)